STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN BERTANGGUNG JAWAB MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2751Abstract
Pembentukan karakter pada saat pembelajaran jarak jauh menuai permasalahan utama sulitnya bagi para pendidik untuk melakukan pemantauan langsung mengenai karakter peserta didiknya. Strategi penanaman karakter dalam penerapan model pembelajaran blended learning memberikan tantangan baru bagi para pendidik untuk inovatif dalam mengemas komponen blended learning sekaligus membentuk karakter dua arah yaitu melalui pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter melalui penerapan model pembelajaran blended learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek peneltian yang terlibat dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Guru kelas IV, dan Siswa kelas IV. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran blended learning memberi kemudahan dan pembaharuan dalam pembentukan karakter. Strategi yang utama yang dilakukan dalam pembentukan karakter di masa pembelajaran blended learning diantaranya konsisten dalam menerapkan pembiasaan dan budaya sekolah, membangun keteladanan para pendidik dan menjalin solidaritas dengan wali murid dalam menyukseskan pembentukan karakter melalui penerapan model pembelajaran blended learning. Kesimpulan dari penelitan ini karakter disiplin dan bertanggung jawab peserta didik berpengaruh besar dalam proses pembentukan karakter dimasa pembelajaran blended learning.
Keywords:
blended learning, pembentukan karakter, strategiDownloads
References
Aurini, J., & Davies, S. (2021). COVID-19 school closures and educational achievement gaps in Canada: Lessons from Ontario summer learning research. Canadian Review of Sociology, 58(2), 165–185. https://doi.org/10.1111/cars.12334
Chotimah, U., Kurnisar, K., Ermanovida, E., & Juainah, N. (2021). Building religious, honesty, discipline and student curiosity characters in online HOTS-based Citizenship Education learning. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 118–126. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.39088
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Ditha Prasanti, & Dinda Rakhma Fitriani. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadharma, 2(1), 13–19.
Fahlefi, W. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Di Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 12(3), 352–371. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36694/jimat.v12i3.366
Finlay, M. J., Tinnion, D. J., & Simpson, T. (2022). A virtual versus blended learning approach to higher education during the COVID-19 pandemic: The experiences of a sport and exercise science student cohort. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 30(October 2021), 100363. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100363
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103
Ihyaul, S., & Gresik, U. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 03(2), 24–31.
Khaelani, T. F. (2021). Jurnal Pendidikan Khusus Literature Review : Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Dengan Media Whatsapp Bagi Siswa Spektrum Autis Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan Luar Biasa Ole. Anak Berkebutuhan Khusus, 3.
Kuswardinah, A. (2019). Family Welfare Education in The Academic Perspective for Junior High School Students. 379(Veic), 110–112. https://doi.org/10.2991/assehr.k.191217.018
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(33), 145–151.
Moerdijat, L. (2020). Penerapan the Fifth Discipline Pada Pendidikan Di Indonesia Saat Pandemi Covid-19. Sukma: Jurnal Pendidikan, 4(2), 89–120. https://www.jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/04201.2020
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472–484. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Perjuangan Tasikmalaya, U. (2022). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 217–228. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1932
Nuril, W., Fauzi, A., Setiawati, Y., Sulaeman, O., Islam, U., Sunan, N., & Terbatas, T. M. (n.d.). Analisis Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDIT Luqman Al Hakim Sleman Analysis of the Application of Limited Face-to-Face Learning at SDIT. 4(2), 94–103.
Octavia, E., & Harmento, B. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Sikap Disiplin Perangkat Desa Senakin Kabupaten Landak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 55. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1097
Pasiska, P. (2019). Epistemologi Metode Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. EL-Ghiroh, 17(02), 127–149. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.104
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rahmi, I., & Wiza, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa SD Negeri 26 Teluk Bayur. An-Nuha, 1(3), 401–412. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.96
Rohartati. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 8(1), 249–258.
Rohmah, D. S., Aina, R., & Prasetyo, D. T. (2021). Apakah Pembelajaran Jarak Jauh Memicu Terjadinya Culture Shock Pada Peserta Didik? Sebuah Studi Literatur. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 131–140. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.02
Silanoi, L. (2012). The Development of Teaching Pattern for Promoting the Building up of Character Education Based on Sufficiency Economy Philosophy in Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1812–1816. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.131
Singhal, T. (2020). Review on COVID19 disease so far. The Indian Journal of Pediatrics, 87(April), 281–286.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Annisa Nurussholihah, Kusmajid Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).