STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN BERTANGGUNG JAWAB MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Authors

  • Annisa Nurussholihah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Kusmajid Abdullah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2751

Keywords:

blended learning, pembentukan karakter, strategi

Abstract

Pembentukan karakter pada saat pembelajaran jarak jauh menuai permasalahan utama sulitnya bagi para pendidik untuk melakukan pemantauan langsung mengenai karakter peserta didiknya. Strategi penanaman karakter dalam penerapan model pembelajaran blended learning memberikan tantangan baru bagi para pendidik untuk inovatif dalam mengemas komponen blended learning sekaligus membentuk karakter dua arah yaitu melalui pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter melalui penerapan model pembelajaran blended learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek peneltian yang terlibat dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Guru kelas IV, dan Siswa kelas IV. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran blended learning memberi kemudahan dan pembaharuan dalam pembentukan karakter. Strategi yang utama yang dilakukan dalam pembentukan karakter di masa pembelajaran blended learning diantaranya konsisten dalam menerapkan pembiasaan dan budaya sekolah, membangun keteladanan para pendidik dan menjalin solidaritas dengan wali murid dalam menyukseskan pembentukan karakter melalui penerapan model pembelajaran blended learning. Kesimpulan dari penelitan ini karakter disiplin dan bertanggung jawab peserta didik berpengaruh besar dalam proses pembentukan karakter dimasa pembelajaran blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aurini, J., & Davies, S. (2021). COVID-19 school closures and educational achievement gaps in Canada: Lessons from Ontario summer learning research. Canadian Review of Sociology, 58(2), 165–185. https://doi.org/10.1111/cars.12334

Chotimah, U., Kurnisar, K., Ermanovida, E., & Juainah, N. (2021). Building religious, honesty, discipline and student curiosity characters in online HOTS-based Citizenship Education learning. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 118–126. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.39088

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Ditha Prasanti, & Dinda Rakhma Fitriani. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadharma, 2(1), 13–19.

Fahlefi, W. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Di Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 12(3), 352–371. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36694/jimat.v12i3.366

Finlay, M. J., Tinnion, D. J., & Simpson, T. (2022). A virtual versus blended learning approach to higher education during the COVID-19 pandemic: The experiences of a sport and exercise science student cohort. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 30(October 2021), 100363. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100363

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103

Ihyaul, S., & Gresik, U. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 03(2), 24–31.

Khaelani, T. F. (2021). Jurnal Pendidikan Khusus Literature Review : Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Dengan Media Whatsapp Bagi Siswa Spektrum Autis Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan Luar Biasa Ole. Anak Berkebutuhan Khusus, 3.

Kuswardinah, A. (2019). Family Welfare Education in The Academic Perspective for Junior High School Students. 379(Veic), 110–112. https://doi.org/10.2991/assehr.k.191217.018

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(33), 145–151.

Moerdijat, L. (2020). Penerapan the Fifth Discipline Pada Pendidikan Di Indonesia Saat Pandemi Covid-19. Sukma: Jurnal Pendidikan, 4(2), 89–120. https://www.jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/04201.2020

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472–484. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Perjuangan Tasikmalaya, U. (2022). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 217–228. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1932

Nuril, W., Fauzi, A., Setiawati, Y., Sulaeman, O., Islam, U., Sunan, N., & Terbatas, T. M. (n.d.). Analisis Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDIT Luqman Al Hakim Sleman Analysis of the Application of Limited Face-to-Face Learning at SDIT. 4(2), 94–103.

Octavia, E., & Harmento, B. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Sikap Disiplin Perangkat Desa Senakin Kabupaten Landak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 55. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1097

Pasiska, P. (2019). Epistemologi Metode Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. EL-Ghiroh, 17(02), 127–149. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.104

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Rahmi, I., & Wiza, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa SD Negeri 26 Teluk Bayur. An-Nuha, 1(3), 401–412. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.96

Rohartati. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 8(1), 249–258.

Rohmah, D. S., Aina, R., & Prasetyo, D. T. (2021). Apakah Pembelajaran Jarak Jauh Memicu Terjadinya Culture Shock Pada Peserta Didik? Sebuah Studi Literatur. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 131–140. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.02

Silanoi, L. (2012). The Development of Teaching Pattern for Promoting the Building up of Character Education Based on Sufficiency Economy Philosophy in Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1812–1816. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.131

Singhal, T. (2020). Review on COVID19 disease so far. The Indian Journal of Pediatrics, 87(April), 281–286.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Nurussholihah, A. ., & Kusmajid Abdullah. (2022). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN BERTANGGUNG JAWAB MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 961–974. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2751

Issue

Section

Articles