PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PROFETIK DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) MELALUI E-LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2453Abstract
Pendidikan karakter profetik perlu diterapkan dalam pendidikan sekolah dasar untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin bebas. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter profetik dalam pembelajaran tatap muka terbatas; (2) mendeskripsikan inovasi pembelajaran tatap muka terbatas dalam menerapkan pendidikan karakter profetik; (3) mendeskripsikan hambatan yang dialami oleh guru dalam menerapkan pendidikan karakter profetik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SDN Pangkur 1 Ngawi. Sedangkan objek penelitiannya adalah penanaman karakter profetik. Data penelitian ini diperoleh melalui tiga teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Karakter yang dibentuk dari penanaman karakter profetik yaitu karakter shiddiq, karakter amanah, karakter tabligh, dan karakter fathonah. Kegiatan yang diberikan oleh guru dalam menerapkan pendidikan karakter profetik melalui e-learning dilakukan dengan memberikan tugas pada media chromebook dengan menerapkan aturan seperti: mengerjakan tugas di chromebook dengan tepat waktu, disiplin dalam mengerjakan tugas, tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru, jujur dalam setiap bertindak, serta mandiri dalam mengerjakan berbagai kegiatan. Kesulitan siswa dalam menerapkan karakter profetik dapat diatasi oleh guru dengan cara memberikan pengarahan kepada siswa, menjalankan karakter profetik setiap hari agar terbiasa dalam menerapkan karakter-karakter tersebut, guru menjafi contoh bagi siswa dalam menerapkan karakter profetik, serta guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa menerapkan karakter profetik dalam kehidupan sangat penting dilakukan.
Keywords:
karakter profetik, pembelajaran tatap muka terbatas, pendidikan karakterDownloads
References
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Arifuddin. (2019). Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam Pendidikan). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2). https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.4782
Ayunina, I., Kambali, and Mujani, A. (2019). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(5), 106.
BDK Jakarta Kementerian Agama RI. (2020). Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, Menjadi Tanggung Jawab Siapa?. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa.
Cintiasih, T. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020 Skripsi. Published Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.
Firman, and Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Kristiani, D. (2016). E-learning dengan aplikasi Edmodo di sekolah menengah kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank, 36–45.
Kurniasari, D. (2013). Peranan Sektor Pendidikan Pada Upaya Pelaksanaan Pembangunan Ekonomi Yang Berkelanjutan. Dinas Perhubungan Jawa Barat. Retrieved from http://dishub.jabarprov.go.id/artikel/view/297.html
Lutfi, M. (2017). Urgensi Pendidikan Profetik bagi Pendidik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 261–278. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1934
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–36.
Mallisa’, R. (2021). Peran Guru Terhadap Dampak Digital Learning Bagi Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Masokan: Ilmu Sosial Dan Pendidika, 1(1), 28–40.
Mansyur, A. Y. (2013). Personal prophetic leadership. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III(1), 15–27.
Moh Roqib. (2013). Character education in a prophetic perspective. Jurnal Pendidikan Karakter, 3, 240–249.
Nasir, M., Al-Kattani, A. H., and Al-Hamat, A. (2021). Implementasi Metode Profetik Pada Pelajaran Tematik Di Kelas Ii Sdit Sekolah Unggulan Islami (Suis). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 15. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.925
Ode, L., Aswat, H., and Sari, E. R. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406.
Pradana, I. W. A. (2016). Konsep Pendidikan Profetik di Era Globalisasi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam (Telaah Pemikiran Kuntowijoyo). Published skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Pratiwi, S. Y. (2020). Implementasi Pendidikan Profetik dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Al Baitul Amien Jember. Pendidikan Guru MI.
Pratiwi, S. Y., and Usriyah, L. (2020). Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 112–126. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i2.55
Sakerebau, J. (2018). Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual. Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran, 1(1), 96–111.
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143.
Syarif, Z. (2014). Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Bangsa Religius. Tadrîs Volume 9 Nomor 1 Juni 2014, 9(1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v9i1.397
Umar Fauzi, M., and Khoiriyah, M. (2019). Implementation of Character Education Through Religious Culture In Soft Skills of Students in Elementary School. At-Tuhfah, 8(2), 1–15. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v8i2.201
Verawati, and Comalasari, E. (2019). Pemanfaatan Android Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 03 Mei 2019, 2, 617–627.
Wahid, A. (2014). Dikotomi Ilmu Pengetahuan. Istiqra’, 1(2), 277–283.
Winarni. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tiara Savana C, Murfiah Dewi Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).