PERUBAHAN PERILAKU BELAJAR DAN PSIKOLOGIS SISWA SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2755Abstract
Perilaku belajar merupakan sikap yang muncul dari diri siswa dalam menanggapi setiap kegiatan belajar mengajar yang terjadi. Dengan adanya pandemi COVID-19, perubahan perilaku belajar siswa menjadi berubah dan menimbulkan gangguan psikologis, baik positif maupun negatif, yang dirasakan siswa akibat pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan perilaku belajar dan psikologis pada siswa kelas V SDN Kebayoran Lama Selatan 03 selama pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara semi terstruktur, angket terbuka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 4 siswa kelas V, guru kelas V, dan 4 orang tua siswa kelas V. Kemudian data dianalisis melalui temuan penelitian lalu didapatkan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini adalah adanya perubahan perilaku belajar pada siswa kelas V SDN Kebayoran Lama Selatan 03 dan siswa mengalami dampak psikologis baik positif maupun negatif selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang cukup signifikan karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut berasal dari diri sendiri dan lingkungan serta dapat dilihat dari perilaku yang terlihat dan perilaku yang tidak terlihat. Untuk menghadapi kondisi psikologis dan perubahan perilaku belajar siswa, maka perlu adanya peran guru dan orang tua selama pembelajaran online seperti ini, karena keduanya merupakan peran pendidik bagi siswa di era pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Kemudian melalui penelitian ini ditemukan hasil bahwa adanya perubahan perilaku belajar pada siswa dan terdapat dampak psikologis baik positif maupun negatif yang dirasakan siswa sat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.
Keywords:
pembelajaran daring masa pandemi, perubahan perilaku belajar, psikologis, sekolah dasarDownloads
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 10(3), 282–289.
Damsy et al. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan Perilaku Menyimpang Anak. FKIP Universitas Tanjungpura, Vol. 1(1), 1–11.
Hakim, M. F. Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, Vo. 4(1), 16-25.
Hasanah, A. U. (2017). Perubahan Perilaku Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di Sd Ngeri 2 Sempu Nawangan Pacitan. November, skripsi.
Hutahaean, F. P., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Keterlibatan Orang Tua Dalam Menangani Psikologi Anak Selama Belajar Di Masa Pandemi. KAPATA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, Vol. 2(1), 13–26.
Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 4(1), 1.
Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sukaesih, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Jnc, 4(2), 130–137.
Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online learning during the covid-19 pandemic: How is it implemented in elementary schools? Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, Vol. 11(1), 120.
Nikmatuzaroh, R. . dan N. M. (2019). Psikologi Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi.
Nurliani. (2016). Studi Psikologi Pendidikan. Jurnal As-Salam, Vol. 1(2), 40.
Nurmaya. G, A. L., Irsan, I., Sufinuran, S., & Fauziah, R. (2022). Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6(1), 943–953.
Nusriati. (2021). Dampak Psikologis Dan Sosial Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 86 Parepare). Juni, skripsi.
Putri, N. P., & Maknun, L. (2021). Role of teachers in achieving distance learning outcomes. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 13(1), 55–73.
Rahayu, F. S., Fikriyah, Dianasari, & Nishfa, R. M. (2022). Kejenuhan Belajar Daring Pada Mahasiswa Prodi Pgsd Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 326–332.
Ramadhani, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu (Timeliness) Penyampaian Laporan Keuangan. Artikel Ilmiha, 549, 40–42.
Riwana, P. P., Syahril, Irsyad, & Sulastri. (2021). Kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4349–4357.
Rohartati. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 8(1), 249–258.
Safitri, A., & Yusnani. (2020). Peran Guru Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Dalam Pandemi Covid 19. International Journal of Hypertension, Vol. 1(1), 1–171.
Seha, N. K. (2013). Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Ditinjau Dari Mata Pencaharian Orang Tua Siswa . Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol. 01(01), 29–37.
Sugiyanto. (2019). Karakteristik Anak Usia SD. 1–7.
Sumakul, Y., & Ruata, S. C. N. (2020). Kesejahteraan Psikologis dalam masa Pandemi COVID-19. Journal of Psychology “Humanlight,” Vol. 1(1), 1–7.
Syamsurijal, S., & Sarwan, S. (2021). Kondisi Psikologis Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 220–226.
Tatu, H. R. (2019). Pengendalian Pendidikan terhadap Media Pembelajaran Dalam Urgensi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Al Himayah, 3, 271–282.
Wilczewski, M., Gorbaniuk, O., & Giuri, P. (2021). The Psychological and Academic Effects of Studying From the Home and Host Country During the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Psychology, Vol. 12(April), 1–8.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rona Dewi Prigantini, Kusmajid Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).