PERUBAHAN PERILAKU BELAJAR DAN PSIKOLOGIS SISWA SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rona Dewi Prigantini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kusmajid Abdullah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2755

Keywords:

pembelajaran daring masa pandemi, perubahan perilaku belajar, psikologis, sekolah dasar

Abstract

Perilaku belajar merupakan sikap yang muncul dari diri siswa dalam menanggapi setiap kegiatan belajar mengajar yang terjadi. Dengan adanya pandemi COVID-19, perubahan perilaku belajar siswa menjadi berubah dan menimbulkan gangguan psikologis, baik positif maupun negatif, yang dirasakan siswa akibat pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan perilaku belajar dan psikologis pada siswa kelas V SDN Kebayoran Lama Selatan 03 selama pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara semi terstruktur, angket terbuka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 4 siswa kelas V, guru kelas V, dan 4 orang tua siswa kelas V. Kemudian data dianalisis melalui temuan penelitian lalu didapatkan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini adalah adanya perubahan perilaku belajar pada siswa kelas V SDN Kebayoran Lama Selatan 03 dan siswa mengalami dampak psikologis baik positif maupun negatif selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang cukup signifikan karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut berasal dari diri sendiri dan lingkungan serta dapat dilihat dari perilaku yang terlihat dan perilaku yang tidak terlihat. Untuk menghadapi kondisi psikologis dan perubahan perilaku belajar siswa, maka perlu adanya peran guru dan orang tua selama pembelajaran online seperti ini, karena keduanya merupakan peran pendidik bagi siswa di era pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Kemudian melalui penelitian ini ditemukan hasil bahwa adanya perubahan perilaku belajar pada siswa dan terdapat dampak psikologis baik positif maupun negatif yang dirasakan siswa sat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 10(3), 282–289.

Damsy et al. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan Perilaku Menyimpang Anak. FKIP Universitas Tanjungpura, Vol. 1(1), 1–11.

Hakim, M. F. Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, Vo. 4(1), 16-25.

Hasanah, A. U. (2017). Perubahan Perilaku Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di Sd Ngeri 2 Sempu Nawangan Pacitan. November, skripsi.

Hutahaean, F. P., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Keterlibatan Orang Tua Dalam Menangani Psikologi Anak Selama Belajar Di Masa Pandemi. KAPATA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, Vol. 2(1), 13–26.

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 4(1), 1.

Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sukaesih, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Jnc, 4(2), 130–137.

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online learning during the covid-19 pandemic: How is it implemented in elementary schools? Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, Vol. 11(1), 120.

Nikmatuzaroh, R. . dan N. M. (2019). Psikologi Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi.

Nurliani. (2016). Studi Psikologi Pendidikan. Jurnal As-Salam, Vol. 1(2), 40.

Nurmaya. G, A. L., Irsan, I., Sufinuran, S., & Fauziah, R. (2022). Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6(1), 943–953.

Nusriati. (2021). Dampak Psikologis Dan Sosial Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 86 Parepare). Juni, skripsi.

Putri, N. P., & Maknun, L. (2021). Role of teachers in achieving distance learning outcomes. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 13(1), 55–73.

Rahayu, F. S., Fikriyah, Dianasari, & Nishfa, R. M. (2022). Kejenuhan Belajar Daring Pada Mahasiswa Prodi Pgsd Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 326–332.

Ramadhani, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu (Timeliness) Penyampaian Laporan Keuangan. Artikel Ilmiha, 549, 40–42.

Riwana, P. P., Syahril, Irsyad, & Sulastri. (2021). Kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4349–4357.

Rohartati. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 8(1), 249–258.

Safitri, A., & Yusnani. (2020). Peran Guru Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Dalam Pandemi Covid 19. International Journal of Hypertension, Vol. 1(1), 1–171.

Seha, N. K. (2013). Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Ditinjau Dari Mata Pencaharian Orang Tua Siswa . Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol. 01(01), 29–37.

Sugiyanto. (2019). Karakteristik Anak Usia SD. 1–7.

Sumakul, Y., & Ruata, S. C. N. (2020). Kesejahteraan Psikologis dalam masa Pandemi COVID-19. Journal of Psychology “Humanlight,” Vol. 1(1), 1–7.

Syamsurijal, S., & Sarwan, S. (2021). Kondisi Psikologis Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 220–226.

Tatu, H. R. (2019). Pengendalian Pendidikan terhadap Media Pembelajaran Dalam Urgensi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Al Himayah, 3, 271–282.

Wilczewski, M., Gorbaniuk, O., & Giuri, P. (2021). The Psychological and Academic Effects of Studying From the Home and Host Country During the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Psychology, Vol. 12(April), 1–8.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Rona Dewi Prigantini, & Kusmajid Abdullah. (2022). PERUBAHAN PERILAKU BELAJAR DAN PSIKOLOGIS SISWA SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 986–1001. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2755

Issue

Section

Articles