MODEL PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN PPKN DAN EKSTRAKURIKULER
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2678Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran PPKn pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualititif dengan membandingkan pelaksanaan pendidikan karakter di dua sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di SDN Srengseng Sawah 11 dan SDIT Al-Islam Ciganjur dengan subjek yang diteliti adalah guru dan siswa. Untuk memperoleh data tentang pendidikan karakter terintegrasi dengan mata pelajaran PPKn, peneliti menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) pendidikan karakter di SDN Srengseng Sawah 11 dan SDIT Al-Islam Ciganjur telah terintegrasi dalam kegiatan kurikuler atau pembelajaran PPKn dan ekstrakulikuler (Pramuka, Tari, Dokter kecil), 2) nilai-nilai karakter yang didapatkan siswa adalah nilai-nilai religius, jujur, dispilin, toleransi, dan tanggung jawab, 3) siswa SDIT Al-Islam Ciganjur memiliki pengetahuan lebih banyak tentang mata pelajaran PPKn serta mampu menjelaskan sikap-sikap positif yang berkaitan dengan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dari pada siswa SDN Srengseng Sawah 11, 4) SDIT Al-Islam Ciganjur mengintegrasikan pendidikan karakter dengan menerapkan pendidikan karakter terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. Hasil penelitian ini berkontribusi dalam memberikan informasi tentang penting pendidikan karakter di sekolah siswa memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensinya.
Keywords:
nilai-nilai karakter, pendidikan karakter, pendidikan terintegrasi, PPKnDownloads
References
Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. Https://Doi.Org/10.30863/Didaktika.V12i2.185
Acetylena, S. (2013). Analisis implementasi kebijakan pendidikan karakter di perguruan Taman siswa kecamatan turen kabupaten Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(
Afroh Nailil Hikmah, N. I. M. 09480102. (2013). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sdit Salsabila Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. 7. Http://Pramukawipa.Blogspot.Com/20%0ahttps://Digilib.Uin-Suka.Ac.Id/Id/Eprint/9130/
Ahmed, M. (2016). Ethnicity, identity and group vitality: A study of Burushos of Srinagar. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 3(1), 1-10.
Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V10i2.593
Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 16. Https://Doi.Org/10.17509/Eh.V9i1.6150
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.
Dodds, D. M. (2016). The Effects of Character Education on Social-Emotional Behavior. Retrieved from Sophia, the St. Catherine University repository website: https://sophia.stkate.edu/maed/137
Febrianshari, D. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sd, 6(1), 92–94.
Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pkn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9098-9102.
Gusnardi, Riadi, R.M. & Muda, I. (2016). Competency mapping and analysis of students competency based on economics subject national examination and its alternative solutions in state high schools at Pekanbaru. International Journal of Economic Research, 3(5), 2133-2148
Hindarto, N. (2013). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran IPA Guna Menumbuhkan Kebiasaan Bersikap Ilmiah. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(2).
Hokanson, B.. & Karlson, R.W. (2013). Borderlands: developing character strengths for a knowmadic world. On the Horizon. 21 (2), 107-113.
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160.
Izfanna, D. & Hisyam, M. A. (2012). A comprehensive approach in developing akhlaq. Multicultural Education & Technology Journal, 6(2), 77-86
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37-45.
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah. Jip: Jurnal Ilmiah Pgmi, 3(1), 15–32. Https://Doi.Org/10.19109/Jip.V3i1.1375
Marini, A. (2017). Character building through teaching learning process: Lesson in Indonesia. International Journal of Sciences and Research, 73(5), 177-182.
Montonye, Matt; Butenhoff, Sonja; and Krinke, Shawn. (2013). The Influence of Character Education on Positive Behavior in the Classroom. Retrieved from Sophia, the St. Catherine University repository website: https://sophia.stkate.edu/maed/6
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.142
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328-4333.
Pertiwi, I., & Marsigit, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Smp Di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V4i2.11241
Sadia, W. (2013). Model pendidikan karakter terintegrasi pembelajaran sains. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).
Safitri, D. D. (2018). Managing school based on character building in the context of religious school culture (Case in Indonesia). Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 274-294.
Siswanta, J. (2017). Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada Paud Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015). Inferensi, 11(1), 97. Https://Doi.Org/10.18326/Infsl3.V11i1.97-118
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1.
Suwito, A. (2012). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Melalui RPP. CIVIS, 2(2).
Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 64-73.
Thompson, W. G. (2002). The effects of character education on student behavior. East Tennessee State University.
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2017). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 1(1), 33-38.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Endah Fanny Subarkah, Mubarak Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).