MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS WAYANG SUKURAGA: DIMENSI ANEKA GLOBAL DALAM KURIKULUM PROTOTIPE DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2417Abstract
Keterbatasan penggunaan media pembelajaran serta tidak maksimalnya peran guru dalam pengembangan media pembelajaran yang dibutuhkan pada mata pelajaran IPS, menjadikan beberapa materi disalurkan hanya melalui buku pegangan (tematik) yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media Pop-Up Book berbasis wayang sukuraga di Sekolah Dasar pada pelajaran IPS kelas IV khususnya pada materi Keragaman Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research And Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu media Pop-Up Book berbasis wayang sukuraga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri kecamatan Sagaranten kabupaten Sukabumi yang berjumlah 25 siswa. Teknik dan instrumen yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data yang digunakan ada dua yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 81% dengan kriteria sangat valid/ layak, validasi ahli materi sebesar 82% dengan kriteria sangat valid/layak. Respon guru sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis/ layak dan respon siswa sebesar 83% dengan kriteria sangat praktis/ layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pop-up book valid dan praktis digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan membantu siswa dalam memahami materi pada pelajaran IPS materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar.
Keywords:
Media Pop-Up Book, Wayang Sukuraga, Pelajaran IPSDownloads
References
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.
Hariandi, A., Alhaddad, M. R., Sandi, Q., Zulkarnain, Mahdayeni, & Aprianto, I. (2019). Isu-Isu Global Dalam Manajemen Pendidikan. Salim Media Indonesia.
Hadiana, D., & APSI., W. (2022). Memaknai Kurikulum Baru. ninikpsmalang.net. (Online), (https://www.ninikpsmalang.net), diakses 16 Mei 2022.
Hulub, K. U. Y., Zaman, W. I., & Permana, E. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Keberagaman Budaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 507–513.
Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 107–113. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17501
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495
Lisa Ilina, S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Pengembangan Media Wayang Sukuraga Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Imajinatif Di Kelas Rendah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 265–273. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.133
Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Belajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Protitipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405
Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 138–150.
Sudjana, N., & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulisyaningrum, D. A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Profesi Pendidikan Dasar, 4.
Surya, M. (2022). Dasar-dasar Kependidikan di SD. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.
Viana Sari, D., & Kusmariyatni, N. (2020). The Validity of the Pop-Up Book Media on Puberty Topics for Sixth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 4(2), 179. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25295
Widyastini, N. M. T., Riastini, P. N., & Sudana, D. N. (2017). Pengembangan Tes Berpikir Kritis IPA Untuk Semester Gasal Kelas IV SD. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/12064
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indah Putri Putri, Iis Nurasiah, Astri Sutisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).