PENGEMBANGAN MEDIA VEBO (VERB BOARD) UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rahmadilla Baby Milennia Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
  • Novanita Whindi Arini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2514

Abstract

Di masa ini pemanfaatan media pembelajaran masih kurang maksimal dimana guru masih ada yang tidak menggunakan media pembelajaran. Guru cenderung hanya menggunakan buku siswa sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal dan membuat siswa merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media VEBO serta mengetahui kelayakan media VEBO dalam meningkatkan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD lintas kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE dengan melakukan 5 langkah yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluate. Penelitian ini dilaksanakan di SD Bright Kiddie, Depok. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menyebarkan angket kepada ahli media berupa 15 soal, ahli materi berupa 10 soal, dan ahli Pendidikan berupa 10 soal. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dikategorikan “sangat layak”, validasi ahli materi dikategorikan “sangat layak”, validasi ahli pendidikan dikategorikan “sangat layak”. Setelah melakukan validasi kepada para ahli, dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar dan dikategorikan “sangat layak”. Berdasarkan perolehan dapat disimpulkan bahwa media VEBO sangat layak untuk meningkatkan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV SD.

Keywords:

bahasa Inggris, Media VEBO, Pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E. R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial, 03(01), 49–59.

Bayu, G. W., Gede, L., & Wahyuni, E. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Permulaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Enjoyable Learning Berbantuan Media Audio Visual. 1, 72–76.

Fitria, T. N. (2021). an Analysis of Regular and Irregular Verbs in Students’ Essay Writing. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 24(1), 276–287. https://doi.org/10.24071/llt.v24i1.2595

Hamid, M. A., & Dkk. (2020). Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:MO7lmvLYvEsJ:scholar.google.com/&ots=Nr6x6vM0NX&sig=kszMR6-M2_n2Qs1pTf8iORY7Ra0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Herlina, H., & Dewi, R. R. (2017). Flashcard Media: the Media for Developing Students Understanding for English Vocabulary At Elementary School. Ijer - Indonesian Journal of Educational Review, 4(1), 116. https://doi.org/10.21009/ijer.04.01.11

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543

Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-Content Package by Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52, p 52–54. http://www.allresearchjournal.com/vol1issue3/PartB/pdf/67.1.pdf

Nurpratiwiningsih, L., & Didik, T. S. (2018). Development of Education Games Map Material as a Learning Media for Elementary School Students. Journal of Primary Education, 8(3), 249–257. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26251

Pendi, H. Z. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Susilawati, S., & Sulhan, M. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Beraturan dan Tidak Beraturan pada Karangan Narasi. Deiksis, 10(01), 65. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2177

Downloads

Abstract Views : 643
Downloads Count: 585

Published

2022-07-11

How to Cite

Milennia, R. B., & Arini, N. W. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VEBO (VERB BOARD) UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 623–630. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2514

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.