PENGEMBANGAN MEDIA VEBO (VERB BOARD) UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2514Abstract
Di masa ini pemanfaatan media pembelajaran masih kurang maksimal dimana guru masih ada yang tidak menggunakan media pembelajaran. Guru cenderung hanya menggunakan buku siswa sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal dan membuat siswa merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media VEBO serta mengetahui kelayakan media VEBO dalam meningkatkan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD lintas kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE dengan melakukan 5 langkah yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluate. Penelitian ini dilaksanakan di SD Bright Kiddie, Depok. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menyebarkan angket kepada ahli media berupa 15 soal, ahli materi berupa 10 soal, dan ahli Pendidikan berupa 10 soal. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dikategorikan “sangat layak”, validasi ahli materi dikategorikan “sangat layak”, validasi ahli pendidikan dikategorikan “sangat layak”. Setelah melakukan validasi kepada para ahli, dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar dan dikategorikan “sangat layak”. Berdasarkan perolehan dapat disimpulkan bahwa media VEBO sangat layak untuk meningkatkan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV SD.
Keywords:
bahasa Inggris, Media VEBO, PengembanganDownloads
References
Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E. R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial, 03(01), 49–59.
Bayu, G. W., Gede, L., & Wahyuni, E. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Permulaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Enjoyable Learning Berbantuan Media Audio Visual. 1, 72–76.
Fitria, T. N. (2021). an Analysis of Regular and Irregular Verbs in Students’ Essay Writing. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 24(1), 276–287. https://doi.org/10.24071/llt.v24i1.2595
Hamid, M. A., & Dkk. (2020). Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:MO7lmvLYvEsJ:scholar.google.com/&ots=Nr6x6vM0NX&sig=kszMR6-M2_n2Qs1pTf8iORY7Ra0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Herlina, H., & Dewi, R. R. (2017). Flashcard Media: the Media for Developing Students Understanding for English Vocabulary At Elementary School. Ijer - Indonesian Journal of Educational Review, 4(1), 116. https://doi.org/10.21009/ijer.04.01.11
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543
Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-Content Package by Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52, p 52–54. http://www.allresearchjournal.com/vol1issue3/PartB/pdf/67.1.pdf
Nurpratiwiningsih, L., & Didik, T. S. (2018). Development of Education Games Map Material as a Learning Media for Elementary School Students. Journal of Primary Education, 8(3), 249–257. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26251
Pendi, H. Z. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Susilawati, S., & Sulhan, M. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Beraturan dan Tidak Beraturan pada Karangan Narasi. Deiksis, 10(01), 65. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2177
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahmadilla Baby Milennia, Novanita Whindi Arini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).