PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Okta Rosfiani University of Muhammadiyah Jakarta
  • Cecep Rahman Hermawan University of Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Iqbal Fahrezi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ibnu Azie Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aina Mardiyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Assyifa Kamila Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Konstruktivis Berbasis Proyek serta mendeskripsikan peningkatan Keterampilan Literasi Siswa menggunakan model pembelajaran Konstruktivis Berbasis Proyek.  Metode   penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan yang terdiri dari perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Partisipan kelas V SDN Margawangi Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 26 orang dengan 12 perempuan dan 14 orang Laki-laki. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi kelas dan tes tertulis berupa soal. Alat pengumpul data memggunakan lembar wawancara, lembar observasi dan soal tes tertulis. Teknis analisis data yang dilakukan secara kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan terjadinya peningkatan aktivitas guru maupun siswa selama dilakukan penelitian Tindakan kelas di sekolah. Hal tersebut sejalan dengan nilai rata-rata Keterampilan Literasi Siswa yang mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Konstruktivis Berbasis Proyek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara Konstruktivis Berbasis Proyek dapat  meningkatkan  Keterampilan Literasi Siswa sekolah dasar.

Keywords:

keterampilan literasi siswa, model pembelajaran konstruktivis berbasis proyek

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Iqbal Fahrezi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

 

Ibnu Azie, Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

 

Sri Wahyuni, Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

 

Aina Mardiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

 

Assyifa Kamila, Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

 

References

Arisanty, D. (2020). Improving Geography Learning through Project-based Learning Model. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5), 585–594. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i5/pr201723

Cristian, S., & Anca, S. (2018). The importance of social and emotional development of primary school children in the learning process of literacy skills The importance of social and emotional development of primary school children in the learning process of literacy skills. May 2019.

Fairuza, N. A., & Semarang, U. N. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan. Researchgate.Net, November. https://www.researchgate.net/profile/Naily-Fairuza/publication/346375704_Program_gerakan_literasi_sekolah_sebagai_upaya_peningkatan_kemampuan_literasi_siswa_di_sekolah_dasar/links/5fbf2be592851c933f5d1857/program-gerakan-literasi-sekolah-sebagai-upaya-pen

Fang, R. J., Chang, Y. S., Tsai, H. L., & Lee, C. J. (2010). The challenge of a primery educator in project-based learning. Proceedings of the 10th WSEAS International Conference on Multimedia Systems and Signal Processing, MUSP ’10, April 2008, 183–186.

Handoyono, N. A., Suparmin, Samidjo, Johan, A. B., & Suyitno. (2020). Project-based learning model with real object in vocational school learning. Journal of Physics: Conference Series, 1700(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1700/1/012045

Helmiati, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran. 2(April), 14. www.iranesrd.com

Juliantine, T., Rohmah, O., Komariyah, L., Gumilar, A., & Hambali, B. (2020). Project-Based Learning Model in the Development of Students’ Creativity in Physical Education Learning. 21(Icsshpe 2019), 324–326. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.086

Kapur, R. (n.d.). Significance of Basic Literacy Skills.

Mario, P. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.

Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012043

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.496

Rosfiani, O., Akbar, M., & Neolaka, A. (2019). Assessing student social studies learning: Effects of learning environment, inquiry, and student learning interest. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 6(1), 46-57.

Rosfiani, O., Kuswiyanti, T. S., & Abdultawab, M. M. (2019). teacher students’ critical literacy in the academic environment. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 8(2), 179-189.

Subandi, Arista, C., Aditya, R., & Masrur, M. F. (2020). Project-Based Learning Model as an Alternative Learning to Build Student’s Writing Skill. 491(Ijcah), 722–729. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.122

Susanti, V. D., & Krisdiana, I. (2021). The Effect of Literacy Skills on the Critical Thinking Skills of Mathematics Education Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 72–79. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.371

Susilana, R. (2014). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, 13(2), 183. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095

Unnes, F. I. S. (2009). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivistik. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1), 68–77.

Widodo, A. & U. (2021). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 10 Nomor 5 Oktober 2021 Literacy in the Midst of the Pandemic : How Are Students ’ Literacy Skills ? Literasi Di Tengah Pandemi : Bagaimana Kemampuan Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volu. 10, 1199–1206.

Wilson, C., Grizzle, A., Tuazon, R., Akyempong, K., & Cheung, C.-K. (2011). Curriculum for Teachers Curriculum for Teachers. In Policy Studies. UNESCO.

Downloads

Abstract Views : 1739
Downloads Count: 1640

Published

2022-10-31

How to Cite

Sutisnawati, A., Okta Rosfiani, Rahman Hermawan, C., Muhammad Iqbal Fahrezi, Ibnu Azie, Sri Wahyuni, … Assyifa Kamila. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1604–1615. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3326

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.