Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966Abstract
Dunia yang sedang ditimpa oleh penyakit Corona Virus Disease (Covid-19), membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan proses belajar dari rumah. Hal tersebut membuat para pendidik untuk menggunakan teknologi sebagai perantara dalam pemberian materi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui media yang biasa digunakan selama proses belajar dari rumah, materi IPA yang perlu penguatan pemahaman, dan kebutuhannya video sebagai penambah pemahaman siswa. Penilitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dalam bentuk kuesioner yang dikategorikan sesuai kebutuhan target dan kebutuhan pembelajaran. Didapatkan hasil bahwa penggunaan media video (66,7%), powerpoint (83,3%), dan e-book (33,3%). Jika dalam materi IPA yang kurang dipahami siswa yakni cahaya (47,7%), gaya (33,3%), energi (29,2%), dan makhluk hidup (18,5%). Dan hasil untuk pentingnya video pembelajaran bagi siswa (95,4%) dan menurut guru (100%). Sehingga dapat kesimpulan bahwa para pendidik lebih menggunakan media powerpoint selama proses belajar dirumah, dan materi IPA yang kurang dipahami merupakan cahaya, sehingga perlunya video pembelajaran sebagai peningkatan pemahaman tersebut.
Keywords:
media pembelajaran, materi IPA, covid-19, video pembelajaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work