Pembentukan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal

  • Muh. Irfan STKIP Al Amin Dompu
  • Edi Firmansyah STKIP Al Amin Dompu
  • Nasruddin STKIP Al Amin Dompu
  • Muhammad Wahyu Setiyadi STKIP Al Amin Dompu
Keywords: Kearifan Lokal, Pembentukan Karakter, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembentukan karakter siswa pada pembelajaran bahasa indonesia berbasis kaarifan lokal. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 32 siswa MAN Dompu. Data diperoleh melalui angket jenis Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran bahasa indonesia yang berbasis kearifan lokal dapat meberikan dampak yang sangat positif terhadap pembentukan karaker siswa. Pernyataan tersebut didasari oleh hasil analisis data yang mengungkapkan bahwa pada setiap indikator pembentukan karaker siswa yaitu: 1) Jujur dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,35 dan kategori cukup baik; 2) Kreatif dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,53 dan kategori cukup baik; 3) Tanggung Jawab dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,51 dan kategori baik; dan 4) Toleransi dengan perolehan skor rata-rata sebesar 2,62 dan kategori baik, menunjukan bahwasanya siswa memiliki tingkat karakter yang cukup baik atau positif pada pembelajaran bahasa indonesia berbasis kearifan lokal yang terlihat pada masing-masing indikator.

References

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 02(2), 97–104. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559
Astuti, D., Fauziati, E., & Marmanto, S. (2019). CELEBRATING STUDENTS ’ DIVERSITIES THROUGH UNDERSTANDING STUDENTS ’ CHARACTERISTICS. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 6(4).
Danoebroto, S. W., Suyata, & Jailani. (2019). Teacher ’ s belief of mathematical literacy based on local culture : Case study of junior high school mathematics teacher Teacher ’ s belief of mathematical literacy based on local culture : Case study of junior high school mathematics teacher. In 6th International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2019). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032008
Handayani, T., Soesilowati, E., & Priyanto, A. S. (2018). Student Character Buliding Reconstruction Junior High School in District Galesong Takalar Based Values National Culture. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 116–122.
Harisanti, D., & Anugrah, E. P. (2018). Characteristics of Senior High School Students in the Utilization of School Library in Indonesia. International Journal of Engineering & Technology, 7(3), 206–210.
Karagiannopoulou, E. (2019). Students ’ Learning Characteristics , Perceptions of Small-Group University Teaching , and Understanding Through a “ Meeting of Minds .” Frontiers in Psychology, 10(1). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00444
Kartini, Tolla, A., Jasruddin, & Juanda. (2019). The Design of Local Culture-based Indonesian Language Teaching Materials. Journal of Language Teaching and Research, 10(2), 363–371.
Khusna, N., Shufa, F., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.
Mahmud, Y. S. (2019). THE REPRESENTATION OF LOCAL CULTURE IN INDONESIAN EFL TEXTBOOKS : RATIONALES AND IMPLICATIONS. Indonesian EFL Journal (IEFLJ), 5(2). https://doi.org/10.25134/ieflj.v5i2.1727.Received
Mustoip, S. (2018). Character education implementation for students in grade IV SDN 5 Sindangkasih regency of Purwakarta West Java. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 112–126. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2739
Nasab, F. G. (2015). Alternative versus Traditional Assessment. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 2(6), 165–178.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang Gema Keadilan Edisi Jurnal Gema Keadilan Edisi Jurnal. Gema Keadilan, 5(1), 16–31.
Okoye, M. D. (2014). Authentic Assessment and Evaluation : Paramount Means for the Maximization of Teaching and Learning. Journal of Educational and Social Research, 4(7), 31–40. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n7p31
Parlindungan, F., Rifai, I., & Safriani, A. (2018). The representation of Indonesian cultural diversity in middle school English textbooks. INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS, 8(2), 289–302. https://doi.org/10.17509/ijal.v8i2.13276
Phala, J., & Chamrat, S. (2018). Learner Characteristics as Consequences of Active Learning. In International Annual Meeting on STEM Education (I AM STEM). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012083
Prasetyo, A. (2016). Folklore in EFL: The Local Wisdom Implementation of Indonesian Curriculum. Journal Of ELT Research, 1(2), 194–199.
Ratih, D., & Suryana, A. (2020). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL LEUWEUNG GEDE KAMPUNG KUTA CIAMIS DALAM MENGEMBANGKAN GREEN BIHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA. Jurnal Artefak, 7(2), 141–152.
Samingin, F., & Asmara, R. (2016). Eksplorasi Fungsi dan Nilai Kearifan Lokal Dalam Tindak Tutur Melarang di Kalangan Penutur Bahasa Jawa Dialek Standar. Transformatika, 12(1), 28–43.
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin. (2019). Improving Students ’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. INTERNATIONAL ELECTRONIC JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 14(1), 61–72.
Springfield, L., Rodger, S., & Gustafsson, L. (2017). Threshold Concepts and Authentic Assessment : Learning to Think Like an Occupational Therapist. Practice and Evidence of Scholarship of Teaching and Learning in Higher Education, 12(2).
Tandiseru, S. R. (2016). The Effectiveness of Local Culture-Based Mathematical Heuristic-KR Learning towards Enhancing Student ’ s Creative Thinking Skill. Journal of Education and Practice, 6(12), 74–82.
Virgiyanti, D. F., Widiati, U., Bahasa, P., & Suharmanto. (2016). CHARACTERISTICS OF EFFECTIVE JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS IN KABUPATEN PACITAN BASED ON STUDENTS ’ AND TEACHERS ’. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 338–346.
Zuchdi, D., & Nurhadi. (2019). CULTURE BASED TEACHING AND LEARNING FOR INDONESIAN AS A FOREIGN LANGUAGE IN YOGYAKARTA. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 465–476. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.26297
Published
2021-03-28
How to Cite
Irfan, M., Firmansyah, E., Nasruddin, N., & Setiyadi, M. W. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 244-251. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.938
Section
Articles