Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Nesti Datul Usnalillah Universitas Mataram
  • Sukardi Universitas Mataram
  • Masyhuri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5111

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving dua putaran terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Sumbawa Besar dengan samepl yakni seluruh siswa kelas XI IPS yang dipilih secara random setelah pemerataan kelas. Pada penelitian ini metodologi quasi eksperimen dengan pre-test post-test control group design digunakan. Pengumpulan data memanfaatkan pengujianan pilihan ganda yang telah memenuhi kriteria untuk pengujian instrument. Analisis kuantitatif, termasuk analisis komparatif, dilaksanakan terhadap data penelitian yang terkumpul. Hasil pengujian komparasi menerangkan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving dua putaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil pengujian gain score juga menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai tertinggi jikalau diperbandingkan dengan kelas kontrol. Implikasi teoritis dari penerapan model ini adalah sebagai tambahan untuk memperkuat teori belajar, khususnya teori belajar yang berlandaskan pada kognitifisme dan konstruktivisme.

Keywords:

berpikir kritis, pembelajaran pemecahan masalah dua puataran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 25-33.

Anisah, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII MTs Ni’matul Aziz Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari.

Ardiansyah, A., Wahyuningrum, E., & Rumanta, M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematik dan Korelasinya dengan Kemampuan Awal Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 483-494.

Cahyani, A., & Putri, S. O. (2019, May). Inovasi Pendidikan Melalui Kemampuan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 286-297).

Fadillah, A. (2016). Pengaruh pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1-8.

Fatmala, P., Dwijananti, B. & Astuti, A. (2016). Penerapan Model Double Loop Problem Solving Menggunakan Detektor Geiger Muller untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1388-1395. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13169

Hadi, D. I., & Junaidi, J. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi IPS 2 SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(1), 22-30. Doi: https://doi.org/10.24036/scs.v4i1.14

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jufri, L. H. (2015). Penerapan double loop problem solving untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis level 3 pada siswa kelas viii smpn 27 bandung. Lemma, 2(1), 144762.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.

Larrson, K. (2017). Understanding and teching critical thingking-A new approach. International Journal of Education Research,84, 32-42. https://doi.org/1016/ji.jer.2017.05.004

Munawaroh, I. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 3(1), 1-20.

Ngalimun. (2012). Strategi Pembelajaran dilengkapi dengan 65 model pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Persindo

Pramana, I. K. A. I., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2014). Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-9. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.2587

Rahayu, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas X SMAN 13 Muaro Jambi. Universitas Jambi.

Samad, I., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43-50.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Surdinata, M., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). 1-12.

Vahlia, I., & Agustina, R. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Discovery Learning Berbasis Problem Solving Dan Group Investigation Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran Metode Numerik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 82-93.

Winataputra, U. (2009). Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas. Terbuka.

Yuliana, Y., Ismail, I., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2).

Downloads

Abstract Views : 807
Downloads Count: 552

Published

2023-07-01

How to Cite

Usnalillah, N. D., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2023). Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1183–1189. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5111

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.