Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5111Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving dua putaran terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Sumbawa Besar dengan samepl yakni seluruh siswa kelas XI IPS yang dipilih secara random setelah pemerataan kelas. Pada penelitian ini metodologi quasi eksperimen dengan pre-test post-test control group design digunakan. Pengumpulan data memanfaatkan pengujianan pilihan ganda yang telah memenuhi kriteria untuk pengujian instrument. Analisis kuantitatif, termasuk analisis komparatif, dilaksanakan terhadap data penelitian yang terkumpul. Hasil pengujian komparasi menerangkan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving dua putaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil pengujian gain score juga menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai tertinggi jikalau diperbandingkan dengan kelas kontrol. Implikasi teoritis dari penerapan model ini adalah sebagai tambahan untuk memperkuat teori belajar, khususnya teori belajar yang berlandaskan pada kognitifisme dan konstruktivisme.
Keywords:
berpikir kritis, pembelajaran pemecahan masalah dua puataranDownloads
References
Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 25-33.
Anisah, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII MTs Ni’matul Aziz Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari.
Ardiansyah, A., Wahyuningrum, E., & Rumanta, M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematik dan Korelasinya dengan Kemampuan Awal Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 483-494.
Cahyani, A., & Putri, S. O. (2019, May). Inovasi Pendidikan Melalui Kemampuan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 286-297).
Fadillah, A. (2016). Pengaruh pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1-8.
Fatmala, P., Dwijananti, B. & Astuti, A. (2016). Penerapan Model Double Loop Problem Solving Menggunakan Detektor Geiger Muller untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1388-1395. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13169
Hadi, D. I., & Junaidi, J. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi IPS 2 SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(1), 22-30. Doi: https://doi.org/10.24036/scs.v4i1.14
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jufri, L. H. (2015). Penerapan double loop problem solving untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis level 3 pada siswa kelas viii smpn 27 bandung. Lemma, 2(1), 144762.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.
Larrson, K. (2017). Understanding and teching critical thingking-A new approach. International Journal of Education Research,84, 32-42. https://doi.org/1016/ji.jer.2017.05.004
Munawaroh, I. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 3(1), 1-20.
Ngalimun. (2012). Strategi Pembelajaran dilengkapi dengan 65 model pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Persindo
Pramana, I. K. A. I., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2014). Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-9. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.2587
Rahayu, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas X SMAN 13 Muaro Jambi. Universitas Jambi.
Samad, I., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43-50.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Surdinata, M., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). 1-12.
Vahlia, I., & Agustina, R. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Discovery Learning Berbasis Problem Solving Dan Group Investigation Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran Metode Numerik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 82-93.
Winataputra, U. (2009). Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas. Terbuka.
Yuliana, Y., Ismail, I., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nesti Datul Usnalillah, Sukardi, Masyhuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work