Analisis Kesalahan Pada Kemampuan Menulis Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9203Abstract
Kesalahan pada kemampuan menulis adalah kesalahan atau kekeliruan dalam berbahasa berakibat karena penutur tidak tepat dalam memilih kata atau ungkapan untuk situasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan menulis pada kemampuan peserta didik di kelas II SDN 40 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. subyek penelitian ini adalah peserta didik di kelas II SDN 40 Mataram dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik yg terdiri dari 13 orang laki-laki dan dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes tulis, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada penggunaan huruf capital, penggunaan tanda baca, dan penulisan kata ejaan. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan presentase kesalahan peserta didik dalam kemampuan menulis pada teks cerita dongeng yaitu kesalahan penulisan kata ejaan sebanyak 53 kesalahan dengan persentase 23,98%, kesalahan penulisan huruf kapital sebanyak 90 kesalahan dengan persentase 40,72%, dan kesalahan penggunaan tanda baca 78 kesalahan dengan persentase 35,29%. Hal ini menunjukan bahwa kesalahan pada kemampuan menulis permulaan peserta didik perlu ditingkatkan.
Keywords:
Analisis Kesalahan, Menulis Permulaan Siswa, Sekolah dasarDownloads
References
Adelya Aisah. (2021). “Analisis keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V MI Roudlatul ulum suwawal 04 jepara tahun pelajaran 2020/2021”
Aris sumrambahyani (2019) “Meningkatkan minat dan kemampuan menulis permulaan siswa dengan menggunakan media gambar kelas I SD Negeri 2 karanggedang”
Asep Muhyidin dkk (2018) “metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas awal” Vol. 4 No. 1, Maret 2018
Asep Muhyidin, Dkk (2018)”Metode pembelajaran membacadan menulis permulaan di kelas awal”
Asep Muhyidin, Odin Rosidin, Erwin Salpariansi (2018) “Metode pembelajaran membacadan menulis permulaan di kelas awal”
Azlia latae dkk (2014) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali”
Basmah Hulwah, Mubarak Ahmad (2022) “Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar”
Byrne, Donn. (1988). Teaching Writing Skill. Hongkong: Longman Group (FE). Lt.
Candra dewi (2018),” Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar “
Djihan Anggini Saputri, - (2019) “Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan huruf cetak pada siswa kelas I Sekolah Dasar”
Fitria pramesti (2018) “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 2, Number 3, Tahun 2018, pp. 283-289
Kadek yati fitria dewi (2021) “mengelola siswa dengan kesulitan belajar menulis (disgrafia)”
Lestari. (2013). “Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas 2 SD Malangrejo” .Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Maidar, Sabarti Akhadiah, dan Ridwan, Sakura. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga.
Nisa arrohmah (2022), “kesulitan menulis permulaan siswa kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri tahunan pacitan “
Roikhatul Jannah dkk. (2019). ” Pengaruh Media Picture and Picture Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Kelas Satu SD”
Siti nurbayati dkk (2018) “Instrumen asesmen menulis permulaan pada anak dengan hambatan kecerdasan ringan “
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabe”.
Sukartiningsih, Wahyu. 2004. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Dasar”
Suparti. 2007. “Strategi Pembelajaran Menulis di Sekolah dasar Kelas IV. Jurnal Didaktika”
Tadkiroatun, Musfirah. (2009). Menumbuhkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Grasindo.
Wiwin nuraeni dkk (2022) “Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Media Gambar” Volume 1 Juli 2022
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Oktaviana, I Nyoman Karma, Nurwahidah Nurwahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work