Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5779Abstract
Masih rendahnya keterampilan menulis narasi siswa kelas V sekolah dasar salah satunya dipengaruhi oleh guru mengajar dengan cara konvensional. Sehingga penulis ingin melakukan penelitian mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif strategi Think Talk Write dan Concept Sentence terhadap keterampilan menulis siswa, kemudian penulis juga ingin meneliti strategi mana yang memiliki tingkat keefektifan yang lebih tinggi dalam keterampilan menulis karangan narasi.Penelitian ini dilakukan dengan metode quais eksperimen, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. sampel penelitian adalah kelas VA dan kelas VB SD Negeri Kutowinangun 12 Semester II Tahun Ajar 2022/2023. Pengumpulan data berupa observasi, tes essay melalui pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data berupa uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui (Uji T-test). uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test.kedua kelompok memperoleh nilai sig 2 tailed 0,000<0,05.maka “Terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan strategi TTW dan CS terhadap keterampilan menulis narasi”.Selanjutnya dilakukan uji hipotesis statistika guna memperbaiki tingkat efektivitas, menggunakan uji t-test dengan nilai signifikansi 2-tailed 1,000>0,05 Sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. sehingga “Strategi Think Talk Write memiliki efektivitas lebih rendah dibandingkan strategi Concept Sentence terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Kutowinangun 12.”. Sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif strategi CS dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Serta dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media internet atau digital
Keywords:
Narasi, Think Talk Write, Concept Sentence, KooperatifDownloads
References
Adhyaksono, Rizky. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Menggunakan Buku Saku Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik UPT SMPN 35 Bandar Lampung. Diambil kembali dari http://repository.radenintan.ac.id/14827/2/BAB%20I-II.pdf
Deminda, D. V., & Ahmad, M. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Film Animasi Pada Kecakapan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 218-223.. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329
Dery, D. W., & Putra, K. E. (2019). Penerapan Model Kooperatif Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. doi:10.31004/jpdk.v1i1.338
Esti, I., & Faraz, U. (2016). Belajar Bahasa Di Kelas Awal. yogyakarta: Ombak.
Fauziah, U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi .
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia. Diambil kembali dari https://pustaka.kemendikbud.go.id/libdikbud/index.php?p=show_detail&id=441
Hapsari, D. S., Sutansi, & Mudiono, A. (2018). Model Concept Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), 13-20. Diambil kembali dari http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/2870
Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Literasi Bahasa Dalam Menulis Narasi di Sekolah Dasar. Bandung: Lemlit Unpas Press.
Isjoni. (2014). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Musmita. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kota Makassar. Makasar: Unismuh Repository. Diambil kembali dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11961-Full_Text.pdf
Nasution, D. K. (2022). The Effect of Think-Talk-Write Strategy in Writing Procedure Text. Al'adzkiya International of Education and Sossial (AloEs) Journal, 3(2). Diambil kembali dari https://aladzkiyajournal.com/index.php/AIoES
Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherman, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271–1276. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/867
Pratiwi, A., Hartono, & Karsono. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. library.uns. Diambil kembali dari https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/39862
Safitri, T. S., Intiana, S. R., & Dewi, N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 5 Ampenan kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasional Pendidikan Inklusif PGSD UNRAM . Diambil kembali dari http://prospek.unram.ac.id/index.php/inklusif/article/view/35Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: CV Alpabeta.
Sulaiman, S., Agus, M., & Indramini, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Kode: Jurnal Bahasa, 11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/download/38827/19337
Wahyuningtiyas, E. D., & Rukmi, A. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Prambon Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12).. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2550
Yusuf, M., Mirasandi, I. P., & Sari, E. K. (2017). The Effect of Concept Sentence Learning Model in Improving Learning Achievement of Social Sciences for Student with Hearing Impairment. Atlantis Press, 174. Diambil kembali dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/ice-17/25893155
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayuni Agustina Sumanto, Eunice Widyanti Setyangingtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work