Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Sejarah Model Discovery Learning Kelas XII SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6134Abstract
Penelitian ini memfokuskan pada peningkatan keterampilan menulis teks cerita sejarah dan kaidah kebahasaan teks sejarah melalui penerapan model discovery learning pada siswa kelas XII MIPA 3 di SMAN 1 Bantul. Berdasarkan permasalahan yang diidentifikasi, seperti kurangnya minat siswa dalam menulis, pendekatan pembelajaran yang monoton, dan kurangnya pengetahuan siswa tentang teks cerita sejarah, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Siklus pertama menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan dalam hasil belajar siswa, namun masih ada siswa yang belum tuntas. Pada siklus kedua, dengan peningkatan strategi pembelajaran dan peran guru yang lebih aktif, seluruh siswa berhasil tuntas dengan nilai pengetahuan dan keterampilan yang meningkat secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar yang mencapai 100% pada kedua siklus, menandakan kesuksesan model pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerita sejarah dan kaidah kebahasaan teks sejarah siswa. Model ini juga memberikan siswa kesempatan untuk terlibat lebih aktif, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan menciptakan pembelajaran yang lebih menarik. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa model discovery learning dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks cerita sejarah dan kaidah kebahasaan teks sejarah di mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Keywords:
discovery learning, writing skills, historical story texts, classroom action researchDownloads
References
Arianti, R., & Ningsih, A. R. (2019). Discovery Learning,Teks Laporan Application Of Discovery Learning Model In Interpreting Text Oral Results Of Observation Results In Class X Students Ipa.2 State 1st High School. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(2). https://doi.org/10.37728/jpr.v4i2.210
Fitriani, S., & Wahyuni, U. (2020). pelatihan lesson study dan penulisan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru sekolah menengah kejuruan kabupaten sarolangun. Journal of Charcter Education Sociely, 3(1).
Hartati, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Inspiratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IXB Semester 2 SMP Negeri 1 Teras. Jurnal VARIDIKA, 33(1). https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.15312
Hasanah, N. (2020). Improving PPKN Learning Outcomes through Class IV Discovery Learning Learning Model SD Negeri 1 Adisana. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3). https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45867
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21.
Indratno, I. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA di SMA N Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2). https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.217
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Krisdianata, Y. Y., & Kuswandono, P. (2022). Enhancing Vocational High School Students’ Reading Skills Using Jeopardy Games. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 6(2), 269–286. https://doi.org/10.30743/ll.v6i2.6171
Melani, R. (2012). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA, 66.
Naibaho, M. R. U., & Hoesein, E. R. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290
Neviyarni, A. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380
Noprina, W., & Handayani, D. F. (2021). Kualitas Modul Elektronik Berbasis Contextual Teaching and Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter untuk Menulis Karya Ilmiah. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1). https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3347
Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 1(1). https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113
Roswitha, M., Jamilah, & Riyadi. (2013). Eksperimentasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ( PMR ) Dengan Metode Discovery Learning Pada Materi Pokok Bentuk Aljabar Ditinjau Dari kemampuan Komunikasi Matematis. In Jurnal Pembelajaran Matematika (Vol. 1, Issue 1).
Suryobroto. (2012). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3). https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Motode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indinesia), 1(5).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia Purwantiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work