PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERLATIH TERHADAP TEKNIK DASAR SEPAKBOLA SEKOLAH SEPAKBOLA BEJI TIMUR U-13

  • Ardo Okilanda Universitas Negeri jakarta
  • Firmansyah Dlis Universitas Negeri Jakarta
  • Hidayat Humaid Universitas Negeri Jakarta
  • Dede Dwiansyah Putra Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Metode random practice, Motivasi berlatih, Teknik dasar sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh metode blocked practice, random practice  dengan motivasi berlatih tinggi dan rendah terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel dengan 40 siswa Sekolah sepakbola Beji Timur U-13. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menjawab (1). Ada perbedaan pengaruh siginifikkan metode blocked practice (A1) motivasi latihan tinggi dengan random practice (A2) motivasi latihan tinggi terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola blocked practice (X=51,801 ; SD=7,135) lebih tinggi dari metode random practice (X=48,198 ; SD=5,514). (2). Ada perbedaan pengaruh signifikkan metode blocked practice (A1) motivasi latihan rendah dengan random practice (A2) motivasi latihan rendah terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola metode blocked practice motivasi berlatih rendah Qo = -2,369 dan Qt = 3,89 lebih rendah dari nilai teknik dasar dalam sepakbola metode random practice motivasi berlatih rendah. Aspek motivasi interinsik dan ekstrinsik perlu yang lebih luas.

References

Al-Hadiqie, Zidane Muhdhor. (2013). “Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional.” Jakarta: Kata Pena.

Arsil, and Yulifri. (2011). Permainan Sepakbola. UNP Press.

Cook, Malcolm. (2013). “101 Drills Sepak Bola Unuk Pemain Muda Usia 12–16 Tahun.” Jakarta: Indeks.

Jarvis, Matt. (2006). Sport Psychology: A Student’s Handbook. Routledge.

Koger, Robert. (2007). “Latihan Dasar Andal Sepakbola Remaja.” Klaten: Saka Mitra Kompetensi.

Lubis, Johansyah. (2013). “Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan.” Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Luxbacher, Joseph A. (2011). “Sepakbola Edisi Kedua.” Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mielke, Danny. (2007). “Dasar-Dasar Sepakbola.” Bandung: Pakar Raya.

Mulya, Andi. (2011). Ensiklopedia Olahraga Indonesia. Bandung: Angkasa.

Okilanda, Ardo. (2017). “Analisis Pembelajaran Gerak Keterampilan Teknik Dribbling Ssb Imam Bonjol Padang.” Wahana didaktika 15(3).

Panjaitan, Hinca. (2011). “Kedaulatan Negara vs Kedaulatan FIFA.” Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Schmidt, Richard J. (2017). “Exercise and Sport Psychology.” Pp. 263–286 in Introduction to Exercise Science. Routledge.

Sugiyono, Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, B. (2008). “Pemulihan Kontrol Motorik Penderita Stroke Dengan Motor Learning Programe.” Yogyakarta: FIK UNY.

Syafruddin, Syafruddin. (2011). Ilmu Kepelatihan Olahraga (Teori Dan Aplikasinya Dalam Pembinaan Olahraga). Padang: UNP Press.

Walgito, Bimo. (2003). “Psikologi Sosial.” Yogyakarta: Andi Offset.

Widiastuti, widiastuti. (2011). Tes Dan Pengukuran Olahraga. Universitas Negeri Jakarta.

Published
2020-06-03
How to Cite
Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., & Putra, D. D. (2020). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERLATIH TERHADAP TEKNIK DASAR SEPAKBOLA SEKOLAH SEPAKBOLA BEJI TIMUR U-13. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 80-89. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.280
Section
Articles