Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Elia Irma Sari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Cicih Wiarsih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dhi Bramasta Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Strategi Pembelajaran, Keterampilan Membaca Pemahaman, Studi Pustaka, Sekolah Dasar

Abstract

Latar belakang penelitin ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Melihat dengan kendala pada proses pembelajaran, perlu adanya solusi untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik dengan strategi guru yang dapat menanggulangi masalah tersebut melalui penerapan strategi guru. Penerapan strategi guru pada keterampilan membaca pemahaman digunakan oleh peneliti sebagai solusi dalam meningkatkan membaca pemahaman peserta didik. Keterampilan membaca sangatlah perlu dilatih oleh individu maupun kelompok dalam memahami isi bacaan, apabila individu maupun kelompok telah terampil dalam membaca maka selain menambah pengetahuan, keterampilan membaca juga akan menggali lebih dalam lagi informasi-informasi mendasar suatu perkembangan imajinasi. Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman sangatlah berpengaruh bagi proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, dengan suatu strategi guru ketika memberikan pemahaman membaca kepada peserta didik maka perlu adanya suatu metode yang digunakan oleh guru. Maka dari itu peneliti menganalisis 10 penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu dalam strategi guru meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Upaya yang dapat dilakukan dalam pencapaian kerberhasilan dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu salah satu alternatifnya dengan menggunakan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran sebagai sarana dalam penggunaan model untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran di sekolah dasar dengan menggunakan riset pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan studi literature dengan data yang disajikan berupa data yang relevan.

References

Abidin. Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal UNY.ac.id. 4,1. 1-9.

Annisa, W & Rinaldi, R. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi The Cognitive Academic Languange Learning Approuch (CALLA) Berbasis Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas VII SMP Neeri 18 Padang. Jurnal Puitika, 11, (1), 200-206.

Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) Pada siswa kelas IVA SDN Sekaran 01Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1).

Budiarti, W. N., & Haryanto, H (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242.

Dafit, F. (2017). Implementasi Model Multiliterasi Pada Proses Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JS (Jurnal Sekolah), 1(2), 53-59.

Faiqoh, Z. (2013). Analisis Peletakan Genetic Moment Sejarah Matematika dalam Aktivitas Pembelajaran (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Febriyanto, B. (2016). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Fathonah, F. S (2016) Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 171-178.

Fuzidri., Thohar, H., & Abdurahman. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 2(3), 113.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Keterbacaan dalam Memahami Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3 (2), 87-93.

Iriani, S. (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sdn 004 Pagaran Tapah Darussalam. Primary: Jurna Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 89-9.

Katiman, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknikcooperative Integrated Reading Reading And Composition (CIRC) Siswa kelas V Sekolah Dasar Sukosari 02 Kabupaten Madiun. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 16(1), 104-113.

Khasanah, A., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) Pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Pedagogik Pendidikan Dasar, 1(2).

Mardiana, E., Margiati, K. Y., & Halidjah, S. (2015). Penerapan Metode Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Nurgiantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Papatga, E., & Ersoy, A. (2017). Improving Reading Comprehension Skill Through the SCRATCH Program. Jurnal Elektronik Internasional Pendidikan Dasar, 9 (1), 124-150.

Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan membaca pemahaman denganmetode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) siswa sekolah dasar kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46-56.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan permulaan melalui media flash card pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Somadayo. S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumira, D. Z., Deasyanti, D., & Herawati, T. (2018) Pengaruh Metode Scramble Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian journal of primary education, 2(1), 62-71.

Syahfitri, F., Sumono, D. A., & Lubis, E. L. S. (2020). Analisis Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 70-77.

Tarigan, Prof. Dr. H. G. (2015) Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition berpola lissen study meningkatkan keterampilanmembaca dan menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2),203-21

Trygu. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa dalam Belajar Matematika. Medan: Guepedia.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Published
2021-03-01
How to Cite
Irma Sari, E., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74-82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847
Section
Articles