Literasi Membaca Dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8431Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara literasi membaca dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Ampenan. Literasi membaca diartikan sebagai kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan teks untuk memecahkan masalah dan mengembangkan potensi individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel jenuh pada 30 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan korelasi. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara literasi membaca dan hasil belajar bahasa Indonesia, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Artinya, semakin baik literasi membaca siswa, semakin baik pula hasil belajar mereka. Pembahasan penelitian ini mencakup berbagai indikator literasi membaca seperti jumlah dan variasi bahan bacaan, frekuensi peminjaman buku, jumlah kegiatan literasi di sekolah, serta keberadaan komunitas membaca. Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi meliputi kebijakan sekolah, minat baca siswa, dan dukungan dari orang tua. Kesimpulannya, literasi membaca memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa, dan berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan program literasi di tingkat pendidikan dasar.
Keywords:
Literasi Membaca, Hasil Belajar Bahasa IndonesiaDownloads
References
Agusta, A. S. (2020). Komunitas Baca Dalam Menyebar Virus Literasi “Perpustakaan Jalanan DIY.” IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 14(1), 29. https://doi.org/10.30829/iqra.v14i1.6350
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
D.Kemendikbud (2019) Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education
Harini, I. N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 29–46. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.128
Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 180. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Kemdikbud. (2021). Permendikbudristek nomor 17 tahun 2021. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Mullis, Ina V.S., & Martin, M. O. (2019). PIRLS 2021 Reading Assessment Framework. Boston: Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. Diambil dari http://pirls2021.org/frameworks/wpcontent/uploads/sites/2/2019/04/P21_F W_Ch1_Assessment.pdf.
Musaddat, S., Qodri, M. S., Atmaja, C., Murahim, M., & Mari’i, M. (2021). Pengembangan Program Literasi Bahasa Berbasis Kelas di Lombok Barat: Potret, Program, dan Kebutuhan Era Digital. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 20–25. https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1525
Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133
Nuranjani, N., Widiada, I. K., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kuta. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 387–393. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.511
Ramdhani, M., Rofi’uddin, A., & Santoso, A. (2021). Perbandingan Implementasi Budaya Literasi Membaca antara Sekolah Rujukan dan Nonrujukan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(3), 445. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14628
Rohim, cahya dhina, & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.
Yunus Abidin. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103–116. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1920
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aprilia Nelina Gomes, Siti Istiningsih, Nurwahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work