Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9

  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
  • Feli Cianda Adrin Burhendi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Wulandari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
Keywords: Modul, Elektronik, Software iSpring Suite

Abstract

Sumber belajar untuk mahasiswa terutama mahasiswa PGSD yang berbentuk modul elektronik berbasis software iSpring Suite 9 pada mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1 belum ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menghasilkan modul elektronik yang menggunakan software iSpring Suite 9 pada mata kuliah Konsep Dasar IPA 1 untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan Model ADDIE. Tahapan Model ADDIE yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 56 mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. validasi produk dilakukan pada ahli media, dan materi. Sedangkan kemenarikan produk melalui penyebaran angket kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi  ahli media modul elektronik berbasis software iSpring Suite 9 menunjukkan presentase 82,5 % dengan kategori baik. Pada validasi ahli materi menunjukkan presentase 95,83 % dan termasuk kategori sangat baik. Dan selanjutnya pada aspek kemenarikan melalui angket respon siswa menunjukkan presentase 88 % dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis software iSpring Suite 9 mempunyai kategori layak dan menarik digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

A. Rahman, Suhardi Marli, K. (2014). PeningkatanPembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Energi Dan Penggunaanya Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Alfiandra, & Mulyadi, M. (2016). Pengembangan Produk Pembelajaran Melalui Pembelajaran Melalui Media Ispring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMK Negeri 2 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3(2), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4564
Anas, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah (Scientific Thinking) Siswa Sd Tekad Mulia. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 6(1), 18. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Anggraini, R., Hendri, M., & Rahmat Basuki, F. (2017). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Jurnal Pendidikan, 2. https://repository.unja.ac.id/2145/1/Artikel Ilmiah.pdf
Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Bioeduscience, 1(2), 53. https://doi.org/10.29405/j.bes/53-58121334
Imansari,N. Dan Sunaryatiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terahdap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Untirta/index.php/VOLT, vol 2, No.1, p 11-16
Khairunisa, S. D., Amirullah, G., & Ninawati, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 49-56.
Letchumanan, M. and Ahmad, R. (2010). Utilization of e-book among UniversityMathematics Students. Procedia -Soc. Behav. Sci., vol. 8, no. 5, pp. 580–587
Nasution, S. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Bumi Aksara.
Ninawati, M. (2012). Kajian dampak bilingual terhadap perkembangan kognitif anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya, 218706..
Perdana, F. A., Sarwanto, Sukarmin, & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining scince process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Scince and Applied Science, Conference, 45.
Pritakinanthi, A. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Ispring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Viii Smp Negeri 37 Semarang. In lib unnes. lib.unnes.ac.id › 1 › 1102412120%0A
Puspita, A. M. I. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar tematik berbasis lingkungan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN III Tanggung. Jurnal Dewantara, 3 (1), 39-48
Sholeh, M. (2018). Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi: Membuat bahan ajar dengan Ispring, Membuat soal dengan Quiz Creator dan Hot Potatoes. Yogyakarta: Akprind Press.
Suastika, I. K., & Triwahyuningtyas, D. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Untuk Pembelajaran Geometri Pada Program Studi PGSD. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 98-103. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3629
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Wahyuningtyas, D. T. and Suastika, I. K. (2016). Developing Of Numbers LearningModule For P Rimary School Students By Contextual Teaching And LearningApproach. Jurnal Pendidik. Dasar Indonesia., vol.1,September, pp. 33–36
Published
2021-03-01
How to Cite
Mimin Ninawati, Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9 . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47-54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830
Section
Articles