Analisis Kelayakan Modul Tes Menggunakan Aplikasi PowerPoint

  • Damianus Manesi Prodi Permesinan Kapal, Fakultas Vokasi Universitas Pertahanan RI
  • Ansori Prodi Permesinan Kapal, Fakultas Vokasi Universitas Pertahanan RI
  • Imanuel A. Tnunay Prodi Permesinan Kapal, Fakultas Vokasi Universitas Pertahanan RI
Keywords: analisis kelayakan, modul tes, vba macros powerpoint

Abstract

Salah satu tugas dosen adalah mengevaluasi pembelajaran, yang dapat dilakukan menggunakan metode dan alat tertentu. Salah satu model evaluasi adalah evaluasi berbasis TIK. Penelitian iniĀ  bertujuan untuk menganalisis desain sebuah modul berbasis TIK menggunakan VBA macros PowerPoint dari aspek kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dan menggunakan kuisioner sebagai alat ukurnya. Subjek yang diteliti berjumlah 25 orang yang adalah kadet mahasiswa Prodi Permesinan Kapal Unhan RI, dan Informan berjumlah 2 orang yang masing-masing adalah ahli dalam bidang pembelajaran dan media. Hasil analisis membuktikan bahwa modul tes dengan VBA macros PowerPoint adalah layak digunakan sebagai media tes pada mata kuliah pengantar teknologi kelautan, karena memenuhi syarat sebagai media yang baik dengan rata-rata semua indikator yang diuji, baik itu validasi media, validasi materi dan hasil uji coba memiliki nilai > 4,08 pada kategori sangat baik. Namun kedepan ModulĀ  perlu dikembangkan untuk format model test yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin.et.al, M. (2005). Strategi belajar mengajar Kimia. Malang: UM Press.
Arikunto, S. (1993). prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktek. jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2005). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Hamalik, O. (2006). proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2012). metode penilitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.
Published
2022-01-07
How to Cite
Manesi, D., Ansori, A., & Tnunay, I. A. (2022). Analisis Kelayakan Modul Tes Menggunakan Aplikasi PowerPoint . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2146-2155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1830