Implementasi Green education Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Sudut Alam di RA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7354Abstract
Green school atau green education adalah konsep yang mengajak seluruh warga sekolah untuk membentuk gaya hidup agar lebih peduli dan melestarikan lingkungan. Sekolah berperan sebagai lembaga penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik untuk menjaga melestarikan kehidupan ini secara berkelanjutan. Gerakan peduli lingkungan termasuk ke dalam nilai karakter nasionalis, yaitu bagaimana cara kita bersikap, berfikir dan berbuat yang menunjukkan jiwa kesetiaan, penghargaan, dan kepedulian terhadap lingkungan, ekonomi, sosial, budaya, politik, dan bangsa di atas kepentingan diri maupun kelompok. Nilai yang terkandung di dalam karakter nasionalis di antaranya, menjaga lingkungan, menjaga kekayaan alam, cinta tanah air, dan disiplin. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana implementasi green education melalui model pembelajaran berdasarkan sudut alam bagi anak usia dini atau RA yang difokuskan pada pembelajaran mengenai diri sendiri, alam sekitar, dan gejala alam. Temuan di lapangan ternyata penerapan green education belum dilakukan secara optimal terkait persoalan kompetensi guru dan ketersediaan fasilitas pembelajaran. Pembelajaran berdasar sudut alam didiharapkan muncul gagasan adanya kesadaran dalam menanamkan karakter anak yang peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah data dikumpulkan kemudian di sederhanakan, dan disajikan secara sistimatis hingga mendapatkan kesimpulan yang akurat. Untuk menguji keakuratan dan kredibilitas penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu pada subyek penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa implementasi green education di RA Almustofa Karim Kota Tasikmalaya dilakukan melalui model pembelajaran berdasarkan sudut alam atau lingkungan dengan pendekatan saintifik dengan tahapan-tahannya yang didukung dengan media gambar, cerita, bernyanyi gerak tubuh, dan sebagainya sesuai dengan tema-tema tentang alam atau lingkungan yang diajarkan.
Keywords:
Green education, model pembelajaran, sudut alamDownloads
References
Acar, H. (2014). Learning environments for children in outdoor spaces. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 846–853. https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2014.05.147
Asah, S. T., Bengston, D. N., & Westphal, L. M. (2012). The Influence of Childhood: Operational Pathways to Adulthood Participation in Nature-Based Activities. Environment and Behavior, 44(4), 545–569. https://doi.org/10.1177/00139165 10397757
Epin Supini, (2021). Apa Itu Promes Dalam Pembelajaran dan Bagaimana Tahapan Menyusunnya? https: //blog.kejarcita.id/ apa-itu-promes-dalam-pembelajaran-dan-bagaimana-tahapan-menyusunnya/
Julia Herlina, (2021). Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Melalui Metode Pembiasaa Di Tk Nurul Huda Sukabumi Bandar Lampung (Skripsi). Lampung: FTK UIN Raden Intan Lampung.
Karmilasari, V., Putri, D.S., Faedlulloh, D. (2020). Strategi program eco-school dalam menghadirkan karakter peduli lingkungan. Administration, 11 (2), 129-136
Lidwina, Indri Astuti, Purwanti. (2015). Perilaku Peduli Lingkungan Dan Pengembangannya Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol.4, No. 6.
Nita Oktifa. (2022). Pentingnya Guru Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Awal Semester. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pentingnya-guru-membuat-rencana-pelaksanaan-pembelajaran-rpp-di-awal-semester
Nizaar, M., Sukirno, Djukri & Haifaturrahmah. (2020). Wastepreneurship: A model in improving students’ confidence and creativity. European Journal of Educational Research, 9(4), 1473-1482. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1473
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Depdiknas.
Prasetya, S. P.. (2015). Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak.
Riastini, P. N., Wati, C. S., Prodjosantoso, A. K., & Suryadarman I. G. P. (2019). Is there any difference in waste consciousness between national eco-schools and others? International Journal of Instruction, 12(4), 513-528. https://doi.org/ 10.29333/iji.2019.12433a
Saleh, S. M., & Sugito. (2015). Implementasi Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 85-93.
Sharma, G., Kumar, A., Sharma S. et al (2019), “Novel development of nanoparticles to bimetallic nanoparticles and their composites: A Review”, Journal of King Saud University – Science 31:257 – 269Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.
Tatik Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pendidikan Dasar”, Vol. 8 No. 1, 2016, 50-51.
Tim PAUD Jawa Tengah. (2015). Cara Implementasi Pembelajaran PAUD K-13 Metode Saintifik. Jawa Tengah.
Wahyuni, Maretha. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: BAN PAUD dan PNF
Watters, Diezmann, Grieshaber, & Davis. (2000). Enhancing Science Education for Young Children: A Contemporary Initiative. Australasian Journal of Early Childhood 26(2).
Wulansari, Sugito. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2355-1615. https://www.researchgate.net/journal/
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mumu, Agus Sumantri, Dedi Nurjamil, Dede Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work