Implementasi Green education Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Sudut Alam di RA

Authors

  • Mumu Universitas Siliwangi
  • Agus Sumantri Universitas Siliwangi
  • Dedi Nurjamil Universitas Siliwangi
  • Dede Anwar Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7354

Abstract

Green school atau green education adalah konsep yang mengajak seluruh warga sekolah untuk membentuk gaya hidup agar lebih peduli dan melestarikan lingkungan. Sekolah berperan sebagai lembaga penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik untuk menjaga melestarikan kehidupan ini secara berkelanjutan. Gerakan peduli lingkungan termasuk ke dalam nilai karakter nasionalis, yaitu bagaimana cara kita bersikap, berfikir dan berbuat yang menunjukkan jiwa kesetiaan, penghargaan, dan kepedulian terhadap lingkungan, ekonomi, sosial, budaya, politik, dan bangsa di atas kepentingan diri maupun kelompok. Nilai yang terkandung di dalam karakter nasionalis di antaranya, menjaga lingkungan, menjaga kekayaan alam, cinta tanah air, dan disiplin. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana implementasi green education melalui model pembelajaran berdasarkan sudut alam bagi anak usia dini atau RA yang difokuskan pada pembelajaran mengenai diri sendiri, alam sekitar, dan gejala alam. Temuan di lapangan ternyata penerapan green education belum dilakukan secara optimal terkait persoalan kompetensi guru dan ketersediaan fasilitas pembelajaran. Pembelajaran berdasar sudut alam didiharapkan muncul gagasan adanya kesadaran dalam menanamkan karakter anak yang peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah data dikumpulkan kemudian di sederhanakan, dan disajikan secara sistimatis hingga mendapatkan kesimpulan yang akurat. Untuk menguji keakuratan dan kredibilitas penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu pada subyek penelitian.  Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa implementasi green education di RA Almustofa Karim Kota Tasikmalaya dilakukan melalui model pembelajaran berdasarkan sudut alam atau lingkungan dengan pendekatan saintifik dengan tahapan-tahannya yang didukung dengan media gambar, cerita, bernyanyi gerak tubuh, dan sebagainya sesuai dengan tema-tema tentang alam atau lingkungan yang diajarkan.

Keywords:

Green education, model pembelajaran, sudut alam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acar, H. (2014). Learning environments for children in outdoor spaces. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 846–853. https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2014.05.147

Asah, S. T., Bengston, D. N., & Westphal, L. M. (2012). The Influence of Childhood: Operational Pathways to Adulthood Participation in Nature-Based Activities. Environment and Behavior, 44(4), 545–569. https://doi.org/10.1177/00139165 10397757

Epin Supini, (2021). Apa Itu Promes Dalam Pembelajaran dan Bagaimana Tahapan Menyusunnya? https: //blog.kejarcita.id/ apa-itu-promes-dalam-pembelajaran-dan-bagaimana-tahapan-menyusunnya/

Julia Herlina, (2021). Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Melalui Metode Pembiasaa Di Tk Nurul Huda Sukabumi Bandar Lampung (Skripsi). Lampung: FTK UIN Raden Intan Lampung.

Karmilasari, V., Putri, D.S., Faedlulloh, D. (2020). Strategi program eco-school dalam menghadirkan karakter peduli lingkungan. Administration, 11 (2), 129-136

Lidwina, Indri Astuti, Purwanti. (2015). Perilaku Peduli Lingkungan Dan Pengembangannya Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol.4, No. 6.

Nita Oktifa. (2022). Pentingnya Guru Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Awal Semester. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pentingnya-guru-membuat-rencana-pelaksanaan-pembelajaran-rpp-di-awal-semester

Nizaar, M., Sukirno, Djukri & Haifaturrahmah. (2020). Wastepreneurship: A model in improving students’ confidence and creativity. European Journal of Educational Research, 9(4), 1473-1482. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1473

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Depdiknas.

Prasetya, S. P.. (2015). Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak.

Riastini, P. N., Wati, C. S., Prodjosantoso, A. K., & Suryadarman I. G. P. (2019). Is there any difference in waste consciousness between national eco-schools and others? International Journal of Instruction, 12(4), 513-528. https://doi.org/ 10.29333/iji.2019.12433a

Saleh, S. M., & Sugito. (2015). Implementasi Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 85-93.

Sharma, G., Kumar, A., Sharma S. et al (2019), “Novel development of nanoparticles to bimetallic nanoparticles and their composites: A Review”, Journal of King Saud University – Science 31:257 – 269Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Tatik Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pendidikan Dasar”, Vol. 8 No. 1, 2016, 50-51.

Tim PAUD Jawa Tengah. (2015). Cara Implementasi Pembelajaran PAUD K-13 Metode Saintifik. Jawa Tengah.

Wahyuni, Maretha. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: BAN PAUD dan PNF

Watters, Diezmann, Grieshaber, & Davis. (2000). Enhancing Science Education for Young Children: A Contemporary Initiative. Australasian Journal of Early Childhood 26(2).

Wulansari, Sugito. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2355-1615. https://www.researchgate.net/journal/

Downloads

Abstract Views : 272
Downloads Count: 25

Published

2025-01-25

How to Cite

Mumu, Sumantri, A., Nurjamil, D., & Anwar, D. (2025). Implementasi Green education Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Sudut Alam di RA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7354

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.