Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7367Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengembangkan suatu produk yaitu untuk menganalisis tingkat kelayakan dan keefektifan produk yang dikembangkan untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas II SD. Penelitian danpengembangan (Research & Development) ini menggunakan langkah – langkah metode penelitian pengembanagan menurut Sugiyono dengan model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Tahap validasi produk menggunakan lembar angket penilaian untuk para ahli validator, yaitu uji validasi ahli materi dan ahli desain. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas II di SD Negeri Sidorejo Lor 02. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar layak digunakan dengan perolehan persentase ahli materi 85% dan ahli desain 85% berada pada interval 81% - 100% dengan kategori sangat tinggi. Pada hasil uji keefektifan diperoleh nilai Sig (2-Tailed) sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-Tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi buku cerita bergambar efektif untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas II SD dilihat dari adanya peningkatan angket minat baca dan hasil belajar.
Keywords:
Buku cerita bergambar, minat bacaDownloads
References
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63.
Dhey., Michael and branch., & Robert maribe. (2009). Educational Media and Techology Year book. Newyork: Springer
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan bahan ajar membaca permulaan dengan menggunakan cerita fabel pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360.
Indarini, E., Sadono, T., & Onate, M. E. (2013). Pengetahuan metakognitif untuk pendidik dan peserta didik. Satya Widya, 29(1), 40-46.
Indriani, E., Sabri, T., & Kartono. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(3), 1–10.
Kholifah, W. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Tematik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3061–3072. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1256
Meilindasari, Y. Wahyudi.(2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2).
OECD. 2019. PISA 2018 Assessmet ad Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.
Paramita, G. A. P. P., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11-19.
Putra, A. D. P., & Hendrawan, F. (2023). Buku Cerita Bergambar Tentang Cerita Perjuangan Tokoh Ken Umang Sebagai Media Informasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 7(01), 69-86.
Sanoto, H., & Shafa Prastania, M. (2022). Korelasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 88–95. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20559
Slameto, B. (1987). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Salatiga: Bina Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal curere, 2(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Semtafiani, Herry Sanoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work