PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMENTASAN DRAMA “PELAYARAN MENUJU IBU” KARYA RAMLI PRAPANCA SEBAGAI BAHAN AJAR PENGKAJIAN DRAMA MAHASISWA PBSI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.730Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk pendidikan karakter dalam pementasan drama “Pelayaran Menuju Ibu” karya Ramli Prapanca sebagai bahan ajar Pengkajian Drama mahasiswa PBSI semester III Universitas Muria Kudus, (2) mendeskripsikan keterkaitan pendidikan karakter sebagai alat kontrol sosial dalam masyarakat melalui pementasan drama “Pelayaran Menuju Ibu” karya Ramli Prapanca pada mahasiswa PBSI semester III Universitas Muria Kudus. Jenis dalam penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data pada penelitian ini, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jadi teknik observasi dilakukan untuk memperoleh data awal sampai akhir dalam penelitian, teknik wawancara digunakan untuk menelusuri informasi sedalam-dalamnya sehingga apa yang diharapkan bisa ditemukan.. Selanjutnya, teknik yang terakhir adalah dokumentasi yang merupakan alat untuk mengumpulkan data-data berupa catatan-catatan peristiwa baik yang berupa tulisan, gambar, data visualisasi dan sebagainya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dari awal sampai akhir penelitian dengan menggunakan kerangka invention of tradition dan analisis wacana Foucault. dari ke delapan belas pendidikan karakter yang ada, hanya tujuh belas yang ada dalam bentuk implementasi dalam pementasan pelayaran menuju ibu karya Ramli Prapanca antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab.
Keywords:
pendidikan karakter, drama, alat kontrol sosialDownloads
References
Dewojati, Cahyaningrum. 2012. Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Java Krasa Media
Hidayattullah, Mohammad Furqon. 2009. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka
Ilminisa, Ranggi Ramadhani. 2016. Bentuk Karakter Anak melalui Dokumentasi Folklore Lisan Kebudayaan Lokal. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 6
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Kajian Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada UniversityPress
Nyoman, Kutha Ratna. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter BerbasisPotensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Pratiwi, Yuni. 2016. Film Animasi Cerita dengan Konteks Multibudaya untuk Mendukung Kekritisan Penalaran Anak Usia SD. Jurnal Litera Volume 15 Nomor 2.
Sudrajad, Akhmad. 2010. Tentang Pendidikan Karakter Seminar Nasional: Character Bilding for Vocational Education”. http://akhmadsudrajad.wordpress.com/2010/09/15/konsep-pendidikan-karakter. Diunduh pada 3 Juni 2017
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Rustan, Ibrahim. 2013. Pendidikan Multikultural: Pengertian Prinsip dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal UNNU ADDIN Volume 7 No 1.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work