Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus

  • Luthfa Nugraheni Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Noor Ahsin Universitas Muria Kudus
Keywords: sikolinguistik, proses pemerolehan bahasa, anak usia dini

Abstract

Bahasa merupakan sarana yang digunakan untuk berkomunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. Melalui bahasa yang baik dan efektif setiap manusia dapat memahami maksud ujaran yang dituturkan. Pemerolehan bahasa akan terlihat pada anak usia dini. Di usia tersebut anak melalui proses belajar dalam memperoleh bahasa baik dari yang dilihat dan diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemerolehan bahasa pada anak usia dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggambarkan data-data yang telah diperoleh. Teknik pengumpulan data dalam artikel ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dari kata anggota keluarga, benda dalam rumah, benda di luar rumah, alat transportasi, hewan, warna, nama buah-buahan dan fenomena alam. Pemerolehan data tertinggi adalah menyebutkan nama anggota keluarga. Hal ini dikarenakan, dalam proses pemerolehan bahasa yang terjadi pada anak usia dini, kosa kata akan lebih banyak terbentuk dari keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handke. 2012. Psycholinguistics – Introduction. The Virtual Linguistic Campus
Hakim. 2012. Psikolinguistik dan Kajiannya. New York: Columbia University
Gleason dan Ratner. 1998. Psycolinguistics (second edition). United Stated: Harcourt Brace College Publishers
Nyoman, Kutha Ratna. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Published
2021-05-04
How to Cite
Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 375-381. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1025
Section
Articles