Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Penguasaan Membaca Al- Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6378Abstract
Pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah lazim dipelajari disetiap lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Akan tetapi, terdapat masalah yang dihadapi di suatu lembaga seperti penggunaan metode dalam pengajarannya. Latar belakang dari penelitian ini merupakan minimnya keahlian anak didik dalam membaca Al-Qur’an, setelah itu digunakannya metode Yanbu’ a dalam kesuksesan membaca Al-Qur’an pada cara pembelajaran. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengutip lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Kemuning, Tamanan, Bondowoso. Pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran di Madarasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum dengan menggunakan metode Yanbu’a. Hasil penelitian bahwa penerapan metode Yanbu’a ini di mulai : Pertama, perencaan pembelajaran yaang harus disiapkan oleh guru dan buku panduan bagi siswa. Kedua, proses pelaksanaan pembelajaran dengan diawali pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Ketiga, evaluasi setelah melaksanakan proses pemebelajaran. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan jika pemakaian tata cara Yanbu’a dalam pembelajaran memberikan pengaruh besar dan cukup membantu siswa, sehingga siswa mampu menguaasai dan memahami pembelajaran Al-Qur’an dengan fashih dan tepat.
Keywords:
Madrasah Ibtidaiyah, Membaca Al-Qur’an, Metode Yanbu’aDownloads
References
adiva syaifuallah, farah maulida rahmah, fathatus salamah & triana srisantyorini. (2021). penerapan ilmu tajuid dalam pembelajaran al-quran untuk mengembangkan bacaan al-quran.
Afni, S. R. N., & Handayani, D. (2022). Optimalisasi Ketepatan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di TPQ Nurul Ummah Kepuharjo Malang. Abdimas Indonesian Journal, 2(1), 39–57. https://doi.org/10.59525/aij.v2i1.81
Ananda, R. (2019). Dr. Rusydi Ananda, M.Pd.
El Iq Bali, M. M., & Fatah, M. A. A. (2023). Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 534–540. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4835
faizatul widat, F. R. & P. L. (2022). pembiasaan praktek keagamaan sholat, mengaji, doa, asmaul husna (SMDH) dalam meningkatkan pendidikan moral anak.
Fatah, A., & Hidayatullah, M. (2021). Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian, 15(1), 169. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.10749
Fauziyah, N., & Izzah, K. (2021). Pendampingan Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al Qur ’ an Dengan Metode Yanbu ’ a Di TPQ Raudlatus Salam Kencong Kepung Kediri. JPMD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 2(2), 245–255.
Fitriyah, S. L., & Aisyah, N. (2021). Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Didik Tpq Al-Azhar Prenduan Kepanjen Jember. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 22–41. https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2179
Hambali, H., Rozi, F., & Farida, N. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 872–881. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1180
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Hidayat, F. N., & Ismawati, U. (2022). Implementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. JCARE: Journal Of Children’s …, 45–52. http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/pgmi16/article/view/188%0Ahttp://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/pgmi16/article/download/188/171
Hijaiyah, H., Santri, P., & Tuban, T. P. Q. A. (2018). Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 nomor II, edisi Juli – Desember 2018. 3, 110–119.
KH. Ulin Nuha Arwani, K. U. A. A. & K. M. M. M. (2023). Yanbu’a.
Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 32. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.21
Rahmawati, R. D., & Aisyah. (2021). Penerapan Metode Yanbu ’a pada Program Tahfidz Al Qur ’an Di Pondok Pesantren Hasbullah Tambak Beras. Jurnal Education and Development, 9(4), 439–442.
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31
ridhatuallah assya’bani, anita sari, elfa hafidzah & faizatul hasanah, M. (2021). pemebelajaran tajwid dan tahsin al-quran dengan metode qira’ati dirumah belajar mahasiswa kkn desa hambukuhulu.
Sa’diyah. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 73–74.
Suriah, M. (n.d.). Metode Yanbu ’ a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. 3(November 2018).
Tanfidiyah, N. (2017). Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Baca Tulis Alquran pada Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 2, 109–120. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/63
Waqfin, M. S. I., Asshidiq, N. F. H., Abadi, S. C., & Wulandari, L. (2022). Pelatihan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Yanbu’a bagi Guru TPQ di Desa Pulorejo Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 132–135. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3182
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifqotul Amanatil Qowiyeh, Feriska Listrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work