Student Motivation And Interest In Learning: Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun'im
Abstract
Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im (selanjutnya disebut MINM) adalah sebuah lembaga pendidikan yang berlokasi di Paiton Probolinggo, lebih tepatnya di Jl. Jalan. KH. Zaini Mun'im disponsori oleh Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Memiliki visi dan prestasi yang luar biasa, siap bersaing dan memiliki jiwa (akhlak) Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia (siswi) di Madrasah Nurul Mun’im. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, pengumpulan data berupa observasi lapangan pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im Paiton Probolinggo kemudian melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait yaitu: Madrasah, Bagian Mata Pelajaran Madrasah dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’ im Analisis guru dan literatur untuk memahami pengalaman dan perspektif pihak-pihak yang terlibat dalam proses transformasi. Analisis Data Peneliti melakukan analisis data menurut metode B. Miles dan A. Michael Huberman yang terbagi dalam tiga tahap yaitu: Yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa strategi untuk meningkatkan kualitas siswa antara lain: kegiatan drum corps, penyelenggaraan organisasi sekolah keagamaan dan kepedulian sosial.
Keywords:
Strategi mutu, sumber daya manusiaDownloads
References
Anwar, M. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Madrasah Aliyah Negeri Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 281–290.
Arifin, S., Jafar, M., & Mursalim. (2022). Indonesian teachers manage their lesson plans in learning prose Syaiful. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2523–2537.
Assalihee, M., & Yusop Boonsuk. (2023). Teaching Management Strategies on 21 st Century Islamic Education for Southernmost. AJE : Anatolian Journal of Education, 8(1), 13–28.
Cikaa, H. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–52.
Evangelin Whitehead. (2023). Augmented Skills of Educators Teaching Generation Z. Excellence in Education Journal, 12(1), 32–54.
Fadhli, K. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Semangat Kerja dan Kinerja Tenaga Pendidik (Studi Kasus pada Yayasan Yalatif Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 4(2), 35–50.
Fazira, P., Ahmad, F., & Syarifah. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Brandan Barat. JMI: JURNAL MILLIA ISLAMIA, 02(1), 221–231.
Hanif, M., Dharin, A., & Hutauruk, M. E. (2023). Management of Social Entrepreneurship in Indonesian Islamic Boarding Schools. Pegem Journal of …, 13(3), 375–385. https://doi.org/10.47750/pegegog.1
Kurniawati, I., Handoyo, B., Soekamto, H., & Mutia, T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Materi Konsep Dasar Ilmu Geografi di SMA. Jambura Geo Education Journal, 4(2), 157–166. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i2.19476
Maman, M., Ramly, R., & Ashar Asnur, M. N. (2023). Teachers’ Perceptions in the Implementation of Text-Based Learning in Indonesian Secondary Education. International Journal of Language Education, 7(1), 13–25. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.33615
Mokhtar, M. S. M., & Ahmad, F. A. (2020). Non-Profit Islamic Institutions and Quality Management Systems in Malaysia. International Journal of Higher Education, 10(3), 16. https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n3p16
Mukhlison Effendi. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40
Nagel, P. J. F. (2020). Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1(1), 31–38. http://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1212
Net, W. W. W. P., Nuryadi, M. H., Widiatmaka, P., & Yanto, B. E. (2023). Developing Nationalism Character among the Digital Native Generation through Formal Education in Indonesia. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 78–83. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.09
Pangesti, P. W., & Hanifuddin, I. (2021). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia pada MTsN 1 Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(02), 15–30. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i02.208
Puspitasari, A., Muadin, A., & Salabi, A. S. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka menggunakan Model CIPP di SD Bontang I. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 49–58. http://scholar.google.com/scholar?start=120&hl=e
Rahardja, U. (2022). Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Dengan Sistem Pengembangan Fundamental Agile. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 63–68. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i1.760
Suwardi. (2022). Pembangunan Desa Berbasis Sumber Daya Manusia Modal dan Kewirausahaan. Journal Homepage, 44(01), 4–6.
Utami, T., & Kusumawati, E. D. (2020). Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Menunjang Transportasi Laut di Era Digital. . . 3rd National Seminar on Maritime and Interdisciplinary Studies, 3(1), 120. https://e-journal.akpelni.ac.id/index.php/prosiding-nsmis/article/view/194
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abu Hasan Agus R, Husnul Khotimah, Ella Sofiatun Azizah, Sitti Naiesa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work