PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN PROSES PENGAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Usmaedi STKIP Setiabudhi
  • Putri Yuniar Fatmawati STKIP Setiabudhi
  • Aprian Karisman Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama
Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Pengajaran

Abstract

Rendahnya performa siswa sekolah dasar dalam media pembelajaran berbasis ICT, salah satunya disebabkan oleh kurang efektifnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas. Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia digital dengan lingkungan pengguna secara real-time. Augmented reality ini menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata dan kemudian menambahkan informasi baru di atasnya. Penelitian Augmented reality saat ini berkaitan dengan penggunaan citra video yang diproses secara digital lalu ditambah dengan penambahan grafik yang dihasilkan komputer. Siswa Sekolah Dasar (SD) yang menjadi objek penelitian ini merupakan salah satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Lebak-Banten. Hal ini antara lain dilakukan dengan selalu memperbaharui media pengajaran yang digunakan dalam proses pengajaran. Pengembangan Aplikasi Augmented reality sebagai media pembelajaran untuk menunjang proses pengajaran pada Sekolah Dasar adalah penelitian yang dilakukan untuk menunjang kesiapan lembaga pendidikan dalam menjamin kualitas pendidikan dengan menyediakan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi Augmented reality. Pada penelitian kali ini peneliti mengambil salah satu mata pelajaran yang akan menjadi bahan penelitian yaitu mata pelajaran bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menghasilkan suatu media pengajaran berbasis teknologi Augmented reality yang interaktif dan mudah digunakan, sehingga proses pengajaran akan lebih menarik dan mudah dipahami, serta dapat mendorong lembaga pendidikan untuk memanfaatkan teknologi Augmented reality sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

References

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 122-131.

Ginting, S. L. B., Ginting, Y. R., & Aditama, W. (2017). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Bayi Menggunakan Metode Marker Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 7(1).

Hamalik, O. (2001). Perencanaan Pengajaran Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Hynra. (2014). Unity tutorial vuforia simple image target. Unity Tutorial. Retrieved from https://hynra.com/post/unity-tutorial-vuforia-simple-image-target.

Karisman, A. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Android. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 6(1), 18-30.

Laksono, D. S. (2018). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Android Sebagai Media Pembelajaran Huruf Aksara Jawa Bagi Anak Didik Setingkat SLTP. Ubiquitous: Computers and its Applications Journal, 1(1), 67-80.

Laswi, A. S., & Andryanto, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Museum Batara Guru Kompleks Istana Langkanae Luwu. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 144-151.

Mahendra, I. B. M. (2016). Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk. Dari https://ojs. unud. ac. id/index. php/jik/article/view/26341.

Mario, F. (2013). Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan vuforia sdk dan unity. Surakarta: AR Online.

Putri, N. D., Anra, H., & Perwitasari, A. (2019). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Barang Sejarah pada Istana Kadriah Kota Pontianak. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 7(1), 7-12.

Riduwan. (2009). Dasar- Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan; Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Safaruddin, Al Ikhsan. (2018). Implementasi Augmented Reality Labs Tour Prodi TI dengan metode Marker Based Tracking berbasis Android. INOVA-TIF, 1(1).

Suciliyana, Y. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda| Jurnal STIKES Muhammadiyah Kendal, 2(1), 39-53.

Published
2020-11-30
How to Cite
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN PROSES PENGAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489-499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595
Section
Articles