Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6465Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di Kelas IV SD Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode inquiry naturalistic. Sumber data primer dalam penelitian yaitu guru, siswa, dan kepala sekolah. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu buku dan artikel serta penelitian terdahulu yang mendukung. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu wawancara menggunakan lembar wawancara dan observasi menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu miles dan huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. pelaksanaan dimensi beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia di SD Muhammadiyah Pekanbaru yaitu melaksanakan kegiatan fisik yang berkaitan dengan PJOK, kemudian kegiatan ibadah. Kemudian senantiasa bersalaman dengan guru ketika datang ke sekolah. Selanjutnya membiasakan siswa ramah lingkungan Selanjutnya siswa diberikan pemahaman mengenai hak dan kewajiban baik di sekolah rumah dan lingkungan sekita. SD Muhammadiyah Pekanbaru telah berusaha menerapkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dimensi beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Namun memang belum terlaksana dengan sempurna karena masih menemukan peserta didik yang kurang kondusif, kurangnya kesadaran siswa dan harus selalu dimotivasi serta keterbatasam guru dalam mengawasinya di sekolah. Kemudian kurangnya kerjasama seluruh orang tua untuk melaksanakan kegiatan semua itu di rumah
Keywords:
Pancasila, Beriman, DimensiDownloads
References
Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pendidikan khusus pada SLB di Sidoarjo. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 21-30.
Awwaliyah, R. (2019). Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 35-52.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1-12.
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagi mahasiswa pendidikan seni. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 1(1).
Gunawan, I. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamriani, H., & Sudirman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penguatan Profil Pancasila di SDN 213 Lagoci. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 108-118.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Majid, A. S., & Ramadan, Z. H. (2021). Etnopedagogi Pada Mata Pelajaran Budaya Melayu Riau (BMR) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1223-1230.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Nadila, R., & Aeni, K. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Randugunting 7 Kota Tegal. Journal of Elementary Education, 12(1), 1-9.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.
Saifudin, and Muhammad Yusuf. 2021. Metode Penanaman Karakter Religius Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah, 02 (02): 175–84.
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308-315.
Simanjuntak, E. B. (2014). SDM Guru Sebagai Pelaksana Kurikulum Terhadap Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD), 2(01), 46-62.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Zaka Hadikusuma Ramadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work