Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6260Abstract
Fokus penelitian ini adalah hasil belajar kognitif kelas XI SMA Negeri 1 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jenis STAD. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, kelompok eksperimen dalam desain kuasi-eksperimental. Kemampuan kognitif siswa digunakan sebagai variabel dependen dalam penyelidikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa IPS kelas 11 SMAN 1 Susukan. Siswa kelas 11 IPS 2 dijadikan sebagai kelompok eksperimen, sedangkan siswa 11 IPS 3 dijadikan sebagai kelompok kontrol. Peneliti menggunakan teknik sampel acak dari probabilitas sampling. Alat ukur penelitian berbentuk kuesioner pilihan ganda. Selain itu, uji N-Gain, uji t dengan sampel independen, uji homogenitas dan uji Kolmogorov-Smirnov dilakukan untuk memastikan signifikansi statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif kelas 11 IPS SMAN 1 Susukan dengan kemampuan awal rata-rata 51,71 sedangkan kemampuan akhir rata-rata 80,86. Hal ini didukung oleh uji-t pada tingkat signifikansi 0,000<0,05 (2-tailed) membuktikan jika kemampuan kognitif siswa kelas 11 IPS SMAN 1 Susukan terpengaruh oleh model pembelajaran kooperatif STAD.
Keywords:
Model pembelajaran STAD, Hasil Belajar Kognitif, Geografi SMADownloads
References
Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 65–77.
Asmedy. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113.
Bloom, B. S., Krathwohl, D. R., & Masia, B. B. (1984). Bloom taxonomy of educational objectives. In Allyn and Bacon. London: Pearson Education.
Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran.
Endang, E., Eraku, S. S., & Lihawa, F. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Team Games Tournament Di Integrasikan Dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 66–70. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7119
Fitriani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 277–288. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18525
Isnawati. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Pokok Bahasan Lingkungan Hidup Melalui Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas XI IPS 3 di SMAN 3 Barabai Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Socius, 2013–2015.
Lestari, T., Tampubolon, B., & Sugiarto, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Student Teams Achievement Division Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1–10.
Masykuri, A. A., Rizki, Y. M., & Pria, A. (2016). Penyelenggaraan Pendidikan Geografi Kelas XI IPS di SMAN 2 Pare kediri Jawa Timur.
Muhid, D. A. (2019). Analisis Statistik Edisi 2. In Zifatama Jawara (Vol. 53, Nomor 9). Zifatama Jawara.
Muhtar. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(1), 1–7.
Mushoddik, Utaya, S., & Budijanto. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 6 Jakarta. Jurnal Swarnabhumi, 5(2), 1–10.
Nispiah, N., & Alwin. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Georafflesia, 9–18.
Saleh, M. (2016). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi komplek melalui model STAD pada siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 95-101.
Ramadhan, A., & Sya’ban, M. B. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA ANGKASA 1 Jakarta Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 15014–15021.
Simanjuntak, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Edukasi (JPE), 9(2), 76–82.
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (3 ed.). Alfabeta.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Yasir, M., & Karlina, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi. Research and Development Journal of Education, 2(1).
Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. Guru Membangun, 26(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Munawatus Sholikha, Alwin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work