MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN MUNJUL
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.613Abstract
Dalam membelajarkan matematika kepada siswa, guru hendaknya memilih berbagai variasi pendekatan, strategi, metode yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN Munjul pada bidang studi Matematika materi Perkalian cara susun dengan menggunakan metode metode demonstrasi?”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN Munjul pada bidang studi Matematika materi Perkalian cara susun dengan menggunakan metode metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. Lokasi penelitian tindakan ini adalah SDN Munjul. Penelitian dilakukan di Kelas IV SDN Munjul selama dua bulan sejak bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2019. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan Metode Metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika materi Perkalian susun. Jika pada siklus I rata-rata nilai siswa 5,66. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 8,08. Dengan tercapainya ketuntasan belajar siswa di atas kreiteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah berhasil.
Keywords:
perkalian cara susun, metode demonstrasiDownloads
References
Elnaledy, E. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipapeserta Didik Kalas I Sdn 5 Bengkalis Kabupaten Bengkalis Tahun 2016. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 13(2), 145-152.
Mulyasa. (2005). Kurukulum Berbasis Kompeten-si. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037
Nahdi, D., Jatisunda, M., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2020). Pre-service Teacher's Ability In Solving Mathematics Problem Viewed From Numeracy Literacy Skills. Elementary Education Online, 19(4), 1902-1910. Retrieved from http://ilkogretim-online.org.tr/index.php/io/article/view/4094/2810
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1).
Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). Kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sebagai penguat karakter siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).
Retnawati, H., Kartowagiran, B., Hadi, S., & Hidayati, K. (2011). Identifikasi kesulitan peserta didik dalam belajar matematika dan sains di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(2).
Rianto, A. (2011). Daya Prediksi Tugas Problem Solving Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Prodi Teknik Sipil. Innovation of Vocational Technology Education, 7(1).
Sari, E. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Pojok 3 Campurdarat Tulungagung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 2(02).
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Susanti, M. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Pada Pelatihan Tata Rias Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Di Nagari Ganggo Hilia Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 3(1).
Surito. (2012). Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV. Dinamika Pendidikan, 3(1). Diambil dari https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/15
Triana, T., Sapri, J., & Kurniah, N. (2019). Implementation Of In Demonstration Methods Traditional Game To Improve Rude Social And Motor Skills. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 58-68.
Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 284-294.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work