MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN MUNJUL

Authors

  • Euis Wiwi SDN Munjul

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.613

Abstract

Dalam membelajarkan matematika kepada siswa, guru hendaknya memilih berbagai variasi pendekatan, strategi, metode yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN Munjul pada bidang studi Matematika materi Perkalian cara susun dengan menggunakan metode metode demonstrasi?”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN Munjul pada bidang studi Matematika materi Perkalian cara susun dengan menggunakan metode metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. Lokasi penelitian tindakan ini adalah SDN Munjul. Penelitian dilakukan di Kelas IV SDN Munjul selama dua bulan sejak bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2019. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan Metode Metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika materi Perkalian susun. Jika pada siklus I rata-rata nilai siswa 5,66. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 8,08. Dengan tercapainya ketuntasan belajar siswa di atas kreiteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah berhasil.

Keywords:

perkalian cara susun, metode demonstrasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elnaledy, E. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipapeserta Didik Kalas I Sdn 5 Bengkalis Kabupaten Bengkalis Tahun 2016. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 13(2), 145-152.

Mulyasa. (2005). Kurukulum Berbasis Kompeten-si. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037

Nahdi, D., Jatisunda, M., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2020). Pre-service Teacher's Ability In Solving Mathematics Problem Viewed From Numeracy Literacy Skills. Elementary Education Online, 19(4), 1902-1910. Retrieved from http://ilkogretim-online.org.tr/index.php/io/article/view/4094/2810

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1).

Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). Kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sebagai penguat karakter siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).

Retnawati, H., Kartowagiran, B., Hadi, S., & Hidayati, K. (2011). Identifikasi kesulitan peserta didik dalam belajar matematika dan sains di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(2).

Rianto, A. (2011). Daya Prediksi Tugas Problem Solving Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Prodi Teknik Sipil. Innovation of Vocational Technology Education, 7(1).

Sari, E. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Pojok 3 Campurdarat Tulungagung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 2(02).

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Susanti, M. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Pada Pelatihan Tata Rias Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Di Nagari Ganggo Hilia Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 3(1).

Surito. (2012). Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV. Dinamika Pendidikan, 3(1). Diambil dari https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/15

Triana, T., Sapri, J., & Kurniah, N. (2019). Implementation Of In Demonstration Methods Traditional Game To Improve Rude Social And Motor Skills. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 58-68.

Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 284-294.

Downloads

Abstract Views : 1428
Downloads Count: 506

Published

2020-12-03

How to Cite

Wiwi, E. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN MUNJUL. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 592–597. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.613

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.