UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN PADA SISWA KELAS IV SDN PALASARI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.579Keywords:
Perkalian cara susun, matematikaAbstract
Masalah rendahnya mutu sekolah sudah sangat sering dikeluhkan masyarakat. Hal ini peranan guru merupakan salah satu unsur yang dianggap sangat menentukan. Dengan kata lain, rendahnya mutu sekolah dan guru dipandang mempunyai kaitan langsung dengan rendahnya hasil belajar. meningkatnya mutu sekolah dan guru tentu akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, untuk menciptakan potensi guru yang baik maka harus diadakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme keguruan, salah satunya dengan melakukan tindakan kelas. Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi keadaan kelas dan pembelajaran yang belum selesai. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Palasari pada siswa kelas IV dengan jumlah 24 siswa.. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan kartu soal yang digunakan untuk meningkatkan Kemampuan memahami Perkalian Cara Susun kemudian dibahas oleh siswa secara berkelompok selanjutnya dibahas secara bersama antara guru dan siswa.Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal perkalian tes uji coba yang dilaksanakan dua kali kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan memahami belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Palasari ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata – rata Siklus I sebesar 5,66 dan Siklus II diadakan tindakan menjadi 8.06 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 02,40.
Downloads
References
Futri. (2010). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntasi kelas XI jurusan IPS SMK Muhammadiyah Delanggu. (Skripsi). Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.
Indrawati, D. & Partini,S.S (2013). Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1 (2), 135-146. Yogyakarta.
Suherman, A. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Bintang Warla Artika.
Stacey, K. (2010). The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2 (2), 1-24. Palembang: IndoMS.
Pane,A. & Darwis, M.D (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2), 333-352. Padang.
Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kleas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work