UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN PADA SISWA KELAS IV SDN PALASARI

  • Tati Eryawati Farida SDN Cipameungpeuk Sumedang
Keywords: Perkalian cara susun, matematika

Abstract

Masalah  rendahnya mutu sekolah sudah sangat sering dikeluhkan masyarakat. Hal ini peranan guru merupakan salah satu unsur yang dianggap sangat menentukan. Dengan kata lain, rendahnya mutu sekolah dan guru dipandang mempunyai kaitan langsung dengan rendahnya hasil belajar. meningkatnya mutu sekolah dan guru tentu akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, untuk menciptakan potensi guru yang baik maka harus diadakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme keguruan, salah satunya dengan melakukan tindakan kelas. Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi keadaan kelas dan pembelajaran yang belum selesai. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Palasari pada siswa kelas IV dengan jumlah 24 siswa.. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan kartu soal yang digunakan untuk meningkatkan Kemampuan memahami Perkalian Cara Susun kemudian dibahas oleh siswa secara berkelompok selanjutnya  dibahas secara bersama antara guru dan siswa.Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal perkalian tes uji coba yang dilaksanakan dua kali kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan memahami belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Palasari ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata – rata Siklus I sebesar 5,66 dan Siklus II diadakan tindakan menjadi 8.06 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 02,40.

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 6 (1), 72-89. Padang
Futri. (2010). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntasi kelas XI jurusan IPS SMK Muhammadiyah Delanggu. (Skripsi). Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.
Indrawati, D. & Partini,S.S (2013). Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1 (2), 135-146. Yogyakarta.
Suherman, A. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Bintang Warla Artika.
Stacey, K. (2010). The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2 (2), 1-24. Palembang: IndoMS.
Pane,A. & Darwis, M.D (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2), 333-352. Padang.
Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kleas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Published
2020-12-01
How to Cite
Farida, T. E. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN PADA SISWA KELAS IV SDN PALASARI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 536-541. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.579
Section
Articles