Tingkat Kebugaran Siswa SMK Pasca Penghapusan Mata Pelajaran PJOK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5750Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa di SMK Negeri 2 Kota Sukabumi Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kuantitatif dengan metode survei cross sectional, dengan instrumen tes Cooper test (lari 12 menit) untuk teknik pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Kota Sukabumi. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 196 siswa dengan siswa yang memiliki usia 17 tahun yang dilakukan secara acak menggunakan metode purposive Sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa putra ada pada klasifikasi baik sekali sebesar 11,43%, klasifikasi baik sebesar 31,43%, klasifikasi cukup sebesar 20%, sedangkan yang mempunya kriteria kurang 11,43% dan kurang sekali sebesar 25,71 serta klasifikasi siswa putri menunjukan klasifikasi baik sekali sebesar 5,59%, klasifikasi baik sebesar 3,73%, klasifikasi cukup sebesar 40,37%, sedangkan yang mempunyai keriteria kurang 19,25% dan kurang sekali sebesar 31,06% yang berarti tingkat kebugaran jasmani siswa di SMK Negeri 2 Kota Sukabumi sebagian besar memiliki tingkat kebugaran yang sangat renda dengan tingkat persentase sebesar 84,693%.
Keywords:
tingkat kebugaran, siswa SMK, penghapusan PJOKDownloads
References
Andrade, S., Lachat, C., Ochoa-Aviles, A., Verstraeten, R., Huybregts, L., Roberfroid, D., ... & Cardon, G. (2014). A School-Based Intervention Improves Physical Fitness in Ecuadorian Adolescents: A Cluster-Randomized Controlled Trial. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 11(1), 153.
Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2021). Physical Education Learning Motivation Survey for Extraordinary School Students All Karawang Regency. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103.
Bryantara, O. F. (2016). Faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani vo2maks atlet sepakbola. Jurnal berkala epidemiologi, 4(2), 237-249.
Cooper, K. H. (2013). Aerobics program for total well-being: Exercise, diet, and emotional balance. Bantam.
Darmanto, F., Natal, Y. R., & Bile, R. L. (2022). Pengembangan Model Lari Bolak Balik Sebagai Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Siswa Kelas Vii Smp Citra Bakti. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 2(2), 78-87.
Eime, R. M., Young, J. A., Harvey, J. T., Charity, M. J., & Payne, W. R. (2013). A Systematic Review of The Psychological and Social Benefits of Participation in Sport for Children And Adolescents: Informing Development of A Conceptual Model of Health Through Sport. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 10(1), 98.
Erwansyah, A. A.. (2016). Pengaruh Permainan Lompat Kardus terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(2).
Furkan, F., Rusdin, R., & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).
Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(01), 43-52.
Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1).
Maksum, A. (2018). Olahraga Bermutu Untuk Semua. Pekan Ilmiah Keolahragaan. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Maulana, G. W., & Bawono, M. N. (2021). Peningkatan Imunitas Tubuh Lansia Melalui Olahraga Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03), 211-220.
Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan media kebugaran jasmani unsur kekuatan berbasis multimedia interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566-581.
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.25633
Prabowo, A., Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Ilahi, B. R. (2022). Pengaruh Hemoglobin dan Motivasi terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMK 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 212-222.
Prakosa, M. I., & Maksum, A. (2020). Respons Siswa Smk Kelas Xii Terhadap Penghapusan Pjok Dalam Kurikulum. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 2015, 3–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/36912
Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., Habibie, M., & Mustafa, P. S. (2022). Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK kelas IX sekolah menengah pertama. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(1), 1-15.
Rivai, T. M. (2022). Kebugaran Jasmani Dan Self-Regulated Learning : Kondisi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).
Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194-206.
Sudibjo, P., Rismayanthi, C., & Apriyanto, K. D. (2021). Hubungan antara sindrom metabolik dengan kebugaran jasmani pada lansia. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 159-167.
Sun, K., & Fan, F. (2019). Countermeasure of Strengthening Professional Physical Fitness in Higher Vocational Physical Education Teaching based on Vocational Literacy Training. webofproceedings.org
Wahyuni, N. P. D. S. (2016). Sehat dan bahagia dengan senam bugar lansia. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 3(1), 66-77.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maulana Akbar Herlambang, Wening Nugraheni , Muhammad Saleh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work