Media Pembelajaran Popscrap Book Pada Mata Pelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Sari Ainun Muslimah Jamaludin Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram
  • Ida Ermiana Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Popscrap Book pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 48 Cakranegara. Media tersebut dapat digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran ini dirancang dan dibuat dari tempelan potongan–potongan kertas yang berisi teks, gambar, foto, dan cerita. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang bersifat longituginal (beberapa tahap). Adapun tahap-tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) analiysis (analisis), 2) design (desain), 3) implementation (implementasi) dan 4) pengujian (uji coba). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket. Pada tahap validasi melibatkan ahli media dan ahli materi sebagai penilai serta penguji kelayakan media yang dikembangkan, sedangkan peserta didik digunakan sebagai uji pemakaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan  teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah berupa media pembelajaran Popscarp Book. Hasil uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran ditinjau dari  aspek desain dan efisiensi mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 91,07%, menurut ahli materi ditinjau dari aspek isi dan pembelajaran mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 93,75%. Hasil uji pemakaian dari respon peserta didik mendapat kriteria sangat baik dengan rerata presentase 90,62%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media pembelajaran Popscrap Book sangat layak diterapkan pada peserta didik kelas IV SDN 48 Cakranegara.

Keywords:

Media Pembelajaran Popscrap Book, IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk peserta didik SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Cecep & Kustandi. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Toturial Nurani Sejahtera

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Masturah, E D, Mahadewi, L. P. P., & Simamora. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6(2), 212–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920.

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296.

Oktaviarini, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan dan Alam Sekitar untuk Siswa Kelas IV SD di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 3(01).

Primasari, R. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasa Aliyah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 68–72. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).

Rizkiyah, F. L., & Mulyani, M. (2019). Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Jpgsd, 7(1), 2581-2590.

Sholichah, D. N., & Hariani, S. (2020). Pengembangan media popscrap book untuk pembelajaran menulis teks eksposisi di Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 8(4), 714-726.

Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 6(9), 1537-1547.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Publisher

Suwatra, M., & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257.

Vista, Hermita, & Zufriady. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1), 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29.

Yendrita, & Syafitri. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains. v2i1.620.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Abstract Views : 443
Downloads Count: 170

Published

2023-11-03

How to Cite

Jamaludin, S. S. A. M., Nurhasanah, N., & Ermiana, I. (2023). Media Pembelajaran Popscrap Book Pada Mata Pelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2028–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5717

Similar Articles

<< < 49 50 51 52 53 54 

You may also start an advanced similarity search for this article.