Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Anisatun Hidayatullah Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Endang Rumiarci SDN Sambirejo 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran sangatlah penting karena berguna untuk upaya meningkatkan mutu pendidikan. Kenyataan di lapangan menunjukkan kualitas pembelajaran masih sangat rendah. Rendahnya kualitas pada pembelajaran banyak dikarenakan oleh menurunnya minat dan motivasi belajar siswa. Kurang menariknya pembelajaran yang dibawakan oleh guru menyebabkan siswa merasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan aplikasi canva pada guru kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang dalam pembelajaran abad 21. Penggunaan aplikasi canva oleh guru kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang terlaksana dengan baik dan relevan dengan pembelajaran abad 21. Guru kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang menggunakan aplikasi canva untuk membuat media pembelajaran dalam bentuk presentasi pendidikan, lembar kegiatan peserta didik, lembar evaluasi. Pembelajaran abad 21 yang dilaksanakan oleh guru kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang membekali peserta didik keterampilan 4C yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan zaman. Dampak penggunaan aplikasi canva oleh guru kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang dalam pembelajaran abad 21 yaitu peserta didik menjadi aktif, peserta didik menjadi kreatif, dan peserta didik menjadi percaya diri.

Keywords:

aplikasi canva, pembelajaran abad 21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif&Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Inayati, Ummi. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI, dalam 2st ICIE: International Conference On Islamic Education, 2, 293-304.

Junaedi, Sony. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology, dalam Jurnal Bangun Rekaprima, 7(2), 80-89.

Prayogi, R. D., &Estetika, Rio. (2019) Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan, dalam Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144-151.

Putri, R. J., &Mudinillah, Adam. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI Di SDN 02 Tarantang, dalam Jurnal Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 144-145.

Rahayu, Restu, Sofyan, I. Yunus, A. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia, dalam Jurnal BASICEDU, 6(2), 2099-2104.

Rahmatullah, Inanna, Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva, dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Rahmawati, Farida dan Atmojo, R. I. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran, dalam Jurnal BASICEDU, 5(6), 6271-6279.

Rosnaeni. (2021). Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21, dalam Jurnal BASICEDU, 5(5), 4334-4339.

Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Solobaru: Qinant.

Setyosari, Punaji. 2020. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Abstract Views : 1151
Downloads Count: 1316

Published

2023-06-24

How to Cite

Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 943–947. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823

Issue

Section

Articles