Penggunaan Chromebook Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Chromebook dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas IV SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Langkah-langkah penggunaan Chromebook. 2) Perolehan belajar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan objek penelitian SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Subjek penelitian ini adalah: 1) Kegiatan pembelajaran dengan penggunaan Chromebook. 2) Peserta didik kelas IV 3) Guru Kelas IV. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Chromebook dalam pembelajaran IPAS meningkatkan perolehan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. secara kualitatif, hal ini tampak dari hasil pengamatan dan hasil wawancara yang dilakukan bahwa sebagian besar peserta didik menyatakan senang terhadap penggunaan Chromebook dalam pembelajaran dan cukup memudahkan dalam memahami materi pembelajaran.
Keywords:
Chromebook, Antusias Belajar, Perolehan belajarDownloads
References
Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromebook Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 1-15.
Merliana, N. P. E., Putra, P. B. A. A., & Gunawan, I. G. D. (2021). Teknologi Augmented Reality Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Agama Hindu. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 71-75.
Mitchell, I., Keast, S., Panizzon, D., & Mitchell, J. (2017). Using ‘big ideas’ to enhance teaching and student learning. Teachers and teaching, 23(5), 596-610.
Rivai, A., & Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan. Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rofi’uddin, A.H. (1994). Rancangan Penelitian Tindakan. Malang: Lembaga Penelitian IKIP Malang
Sakat, A. A., Zin, M. Z. M., Muhamad, R., Anzaruddin, A., Ahmad, N. A., & Kasmo, M. A. (2012). Educational Technology Media Method In Teaching And Learning Progress. Advances in Natural and Applied Sciences, 6(3), 484-490.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.
Sanjaya, W. (2012).Perencanaan dan Desaign Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Sola, E., Bahtiar, I. A., & Sudarman, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mpi Kelas B Semester Iv Uin Alauddin Makassar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(01), 48-61.
Suminar, D. (2019, May). Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 774-783).
Supriyadi, A., Muis, A., & Hidayati, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(2), 113-120.
Suyanto, Umar, S. & Rustiyarso. (2015). Strategi Cooperative Learning Model Jigsaw dalam Pembelajaran IPS di Kelas IX MTS Negeri Ketapang. Pontianak: Program Magister Teknologi Pembelajaran FKIP Untan.
Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Puji Astuti, Suyoto, Sumarno, Endang Rumiarci

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work