Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4557Abstract
Status sosial ekonomi seseorang tentu mempunyai peranan terhadap perkembangan anak-anaknya, termasuk pendidikannya. Orang tua dengan status ekonomi yang tinggi tidak akan sukar dalam memenuhi kebutuhan anaknya dalam pendidikan, orang tua yang dengan status ekonomi rendah akan menghadapi kesulitan-kesulitan dalam memberikan pendidikan bagi anaknya khususnya dalam mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan korelatif. Peneliti menggunakan instrumen status ekonomi orang tua diadaptasi dari Bandangan (2017) teori dari Soekanto (2003) dan diberikan kepada 65 siswa kelas VII SMP Advent Universitas Klabat, Airmadidi, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat status ekonomi orang tua siswa kelas VII SMP Advent Universitas Klabat berada pada kategori sedang sedangkan rata-rata prestasi belajar menunjukkan kategori baik. Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah status ekonomi orang tua tidak berhubungan secara signifikan dengan prestasi belajar siswa.
Keywords:
status ekonomi orang tua, prestasi belajar siswaDownloads
References
Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 75. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/5004/3687
Hidayahtullah, M. S. (2016). Status Sosial Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa. Equilibrium, 195. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/501/460
Julaiha. (2015). Pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Jurnal Mahasiswa BK AN-NUR, 45. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/download/358/329
Khosmas, S. A. (2014). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembeljaran, 5. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6343/pdf
Khosmas, S. A. (2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Nitro Pdf Professional, 5. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6343/pdf
Mundir, H. (2013). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jember: STAIN Jember Press. Retrieved from http://digilib.iain-jember.ac.id/593/1/Metode%20penelitian%20kualitatif%20dan%20kuantitatif.pdf
Purnomo, B., & Rosalina, A. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IVB SD no 64/1 Muara Bulian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 277. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/7120
Rohmah, A. (2018). Hubungan kondisi sosial ekonomi keluarga dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. Eprints, 18. Retrieved from http://eprintslib.ummgl.ac.id/3027/1/14.0305.0026_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA_Aminatu%20Rohmah.pdf
Sihombing, S. (2021). Hubungan status sosia orangtua dan fasilitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di Sma Negeri 1 Pematangsiantar tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2-3. Retrieved from https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/14/12
Suyono, A. (2017). Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh fasilitas belajar. Neliti, 2. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/92731-ID-pengaruh-latar-belakang-sosial-ekonomi-o.pdf
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal komunikasi pendidikan, 116. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/114/102
Tapalak, N. W. (2019). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Kepulauan Selayar. Eprints, 18. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/14922/1/SKRIPSI%20NUR%20WAHYUDI%20DG%20TAPALAK.pdf
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deisye Supit, Nathasya Moureen Gosal, Nofry Frans, Noldin Jerry Tumbel, Juwiner Dedy Kasingku

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work