Peran Guru Penggerak Dalam Kualitas Merdeka Belajar

Authors

  • Deisye Supit Universitas Klabat
  • Danny A Masinambow Universitas Negeri Manado
  • Joulanda Altje Meiske Rawis Universitas Negeri Manado
  • Jeffry Sonny J Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Victory Nicodemus Joufree Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru penggerak dalam kualitas belajr. Guru harus mampu membangun hubungan yang efektif dengan siswa di masyarakat sekitar sekolah, memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk meningkatkan kualitas pengajaran, dan melakukan refleksi dan evaluasi terus menerus untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Guru harus berkembang menjadi seorang pemimpin dengan keterampilan dan karakter yang diperlukan untuk menerapkan perubahan positif dalam sistem pendidikan baik di lembaganya maupun di sekolah lain. Ketika seorang siswa memulai program studi mereka, mentor mereka berfungsi sebagai motivasi. Setiap pendidik harus menjadi panutan berilmu yang mengerti bagaimana meningkatkan kualitas karakter dan perilaku siswa. Menghasilkan populasi manusia yang cerdas dan mampu berpikir kritis untuk memajukan kepentingan umat. guru menginspirasi siswa untuk belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan sehingga mereka termotivasi untuk mencapai potensi penuh mereka? Seorang guru dapat mendorong penggunaan teknologi yang tersedia dalam pengajaran dengan merefleksikan dan melakukan perbaikan terus-menerus dengan cara yang mendorong siswa untuk belajar sambil meningkatkan standar akademik dalam lingkungan pribadi. Pembelajar mandiri harus menunjukkan pemikiran kritis, kreativitas, kemampuan multitasking, kemampuan bekerja sama, dan kesadaran mandiri

Keywords:

Peran guru, merdeka belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, M. M. (2015). Pendidikan kewarganegaraan mengoptimalisasikan pemahaman perbedaan budaya warga masyarakat indonesia dalam kajian manifestasi pluralisme di era globalisasi. Jurnal ilmiah mimbar demokrasi, 14(2), 1-10.

Agnes. (2020). Untuk Apa Aku Mengenal Pendidikan. Jawab Barat: Guepedia.

Aryanta, K. (2020). Guru Penggerak dalam Merdeka Belajar. Retrieved from: https://www.balipost.com/news/2020/07/25/138136/Guru-Penggerak-dan-MerdekaBelajar.html.

Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(10), 6-14.

Hodson, D. (2009). Teaching and learning about science: Language, theories, methods, history, traditions and values. Brill.

Kusumah, W. & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak Mendorong Gerak Menuju Pendidikan Nasional. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

Media Kompas. (2021). Terobosan Merdeka Belajar Nadiem Makarim, Ubah Sistem Zonasi hingga Hapus UN. Retrieved from: kompas.com.

Mulyasa, H. E (2020). Menjadi Guru Penggerak merdeka belajar; editor, Lina inarotut darojah. Jakarta: Bumi Aksara

Sapardan.dadang.2020.”Guru dalam konteks merdeka belajar”. Retrieved from: http://disdikkbb.org/news/guru-dalam-konteks-merdeka-belajar/. Diakses 16 April 2020

Siahaan, C., & Sihotang, H. (2021). Effectiveness of Transactional Communication in the Implementation of Collegiate Curriculum (A Case Study at the Christian University of Indonesia). Advances in Social Sciences Research Journal, 8(2), 225-237.

Sirait, S., Murniarti, E., & Sihotang, H. (2021). Implementation of Hots-Based Learning and Problem Based Learning during the Pandemic of COVID-19 in SMA Budi Mulia Jakarta. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(2), 296-305.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

Yamin,M., & Syahri (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education. 6(1), 126-136.

Downloads

Abstract Views : 1320
Downloads Count: 1076

Published

2023-05-30

How to Cite

Supit, D., Masinambow, D. A., Rawis, J. A. M., Lengkong, J. S. J., & Rotty, V. N. J. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Kualitas Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 716–723. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4805

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.