Peran Guru Penggerak Dalam Kualitas Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4805Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru penggerak dalam kualitas belajr. Guru harus mampu membangun hubungan yang efektif dengan siswa di masyarakat sekitar sekolah, memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk meningkatkan kualitas pengajaran, dan melakukan refleksi dan evaluasi terus menerus untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Guru harus berkembang menjadi seorang pemimpin dengan keterampilan dan karakter yang diperlukan untuk menerapkan perubahan positif dalam sistem pendidikan baik di lembaganya maupun di sekolah lain. Ketika seorang siswa memulai program studi mereka, mentor mereka berfungsi sebagai motivasi. Setiap pendidik harus menjadi panutan berilmu yang mengerti bagaimana meningkatkan kualitas karakter dan perilaku siswa. Menghasilkan populasi manusia yang cerdas dan mampu berpikir kritis untuk memajukan kepentingan umat. guru menginspirasi siswa untuk belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan sehingga mereka termotivasi untuk mencapai potensi penuh mereka? Seorang guru dapat mendorong penggunaan teknologi yang tersedia dalam pengajaran dengan merefleksikan dan melakukan perbaikan terus-menerus dengan cara yang mendorong siswa untuk belajar sambil meningkatkan standar akademik dalam lingkungan pribadi. Pembelajar mandiri harus menunjukkan pemikiran kritis, kreativitas, kemampuan multitasking, kemampuan bekerja sama, dan kesadaran mandiri
Keywords:
Peran guru, merdeka belajarDownloads
References
Adha, M. M. (2015). Pendidikan kewarganegaraan mengoptimalisasikan pemahaman perbedaan budaya warga masyarakat indonesia dalam kajian manifestasi pluralisme di era globalisasi. Jurnal ilmiah mimbar demokrasi, 14(2), 1-10.
Agnes. (2020). Untuk Apa Aku Mengenal Pendidikan. Jawab Barat: Guepedia.
Aryanta, K. (2020). Guru Penggerak dalam Merdeka Belajar. Retrieved from: https://www.balipost.com/news/2020/07/25/138136/Guru-Penggerak-dan-MerdekaBelajar.html.
Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(10), 6-14.
Hodson, D. (2009). Teaching and learning about science: Language, theories, methods, history, traditions and values. Brill.
Kusumah, W. & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak Mendorong Gerak Menuju Pendidikan Nasional. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Media Kompas. (2021). Terobosan Merdeka Belajar Nadiem Makarim, Ubah Sistem Zonasi hingga Hapus UN. Retrieved from: kompas.com.
Mulyasa, H. E (2020). Menjadi Guru Penggerak merdeka belajar; editor, Lina inarotut darojah. Jakarta: Bumi Aksara
Sapardan.dadang.2020.”Guru dalam konteks merdeka belajar”. Retrieved from: http://disdikkbb.org/news/guru-dalam-konteks-merdeka-belajar/. Diakses 16 April 2020
Siahaan, C., & Sihotang, H. (2021). Effectiveness of Transactional Communication in the Implementation of Collegiate Curriculum (A Case Study at the Christian University of Indonesia). Advances in Social Sciences Research Journal, 8(2), 225-237.
Sirait, S., Murniarti, E., & Sihotang, H. (2021). Implementation of Hots-Based Learning and Problem Based Learning during the Pandemic of COVID-19 in SMA Budi Mulia Jakarta. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(2), 296-305.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).
Yamin,M., & Syahri (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education. 6(1), 126-136.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deisye Supit, Danny A Masinambow, Joulanda Altje Meiske Rawis, Jeffry Sonny J Lengkong, Victory Nicodemus Joufree Rotty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work