Perbedaan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi

Authors

  • Widiawati Universitas Negeri Jakarta
  • Iva Sarifah Universitas Negeri Jakarta
  • Nurjannah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perbedaan penerapan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas 4 SD ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN Jatisampurna X Kota Bekasi sebanyak 76 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan Ada perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas IV SD antara yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah. begitu pun Ada perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas IV SD antara siswa motivasi berprestasi tinggi dengan siswa motivasi berprestasi rendah. Siswa pada pembelajaran berbasis proyek untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Begitupun pada penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi pada model pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah sama-sama dipengaruhi oleh motivasi berprestasi.

Keywords:

Project Based Learning, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiman, U., & Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195

Al-Qhayu, D. W. (2022). Pengaruh Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Penghafal Al-Qur’an Smp It Cordova Samarinda. Motivasi. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MTV/article/view/5906%0Ahttp://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MTV/article/download/5906/5507

Amri, A., & Muhajir, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Secara Daring. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 6(1), 21-29.

Arif Rahman Hakim, H., & Taman Siswa Bima, S. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 93–96.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

DeLuca, V. W., & Lari, N. (2011). The GRID C Project: Developing Students' Thinking Skills in a Data-Rich Environment. Journal of Technology Education, 23(1), 5-18.

Eviani, Utami, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. Pendidikan Biologi, 05(1), 1–8.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas iv sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201-212.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Suwandi, T., & Titin. (2020). Implementation supplementary book of green consumerism: Improving students hots in environmental learning. European Journal of Educational Research, 9(1), 227–237. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.227

Lestari, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 1(1), 13–23. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/345

Nur Alami, I. O., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 311–320. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3276

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Rahmah, E. M., Dewi, S. A., Hafizhah, Z., & Mulyanti, S. (2023). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Dan Hasil Belajar Dalam Materi Asam Basa. In Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (Vol. 1, pp. 20-25).

Sunardi, M. I., & Dwi, F. F. (2015). Pembelajaran kolaboratif berbasis proyek: inovasi untuk meningkatkan kesesuaian kompetensi produktif di SMK dengan kebutuhan dunia kerja. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM (pp. 140-153).

Susanti, L. S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.

Tyas, E. H., & Naibaho, L. (2021). Hots Learning Model Improves the Quality of Education. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 9(1), 176–182. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v9.i1.2021.3100

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222

Yuniarti, Y. (2021). Project based learning sebagai model pembelajaran teks anekdot pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 73-81.

Downloads

Abstract Views : 1248
Downloads Count: 617

Published

2023-03-10

How to Cite

Widiawati, W., Sarifah, I., & Nurjannah, N. (2023). Perbedaan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 223–230. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4426

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.