Persepsi Siswa Terhadap Tindak Pidana Perundungan di Madrasah Aliyah Negeri Se Yogjakarta

Authors

  • Bambang Sukamto Universitas Islam Jakarta
  • Nur Aida Universitas Islam Jakarta
  • Nino Agung Perdana Universitas Islam Jakarta
  • Hilma Farhani Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4368

Abstract

Perundungan di sekolah semakin menjadi masalah yang meluas di seluruh dunia dan memiliki dampak negatif terhadap suasana di sekolah, terutama terhadap siswa. Siswa dapat terlibat dalam perundungan sebagai pelaku, korban, atau saksi. Pengalaman perundungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mempengaruhi persepsi siswa terhadap tindakan perundungan, baik bagi siswa laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap tindak pidana perundungan di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian adalah 209 siswa Madrasah Aliyah Negeri yang ada di wilayah Jogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan siswa Madrasah Aliyah Negeri yang ada di wilayah Jogyakarta sudah mendapatkan penjelasan tentang bulling. Sebagian besar siswa juga mengetahu tentang bahaya bullying dan akibat yang ditimbulkan. Untuk menghindari terjadinya bullying semakin meningkat, siswa juga bersedia membantu temannya yang menjadi korban bullying dan melakukan perlawanan apabila menjadi korban bullying.

Keywords:

Persepsi, Peundungan, madrasah aliyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). Gambaran Tindakan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18-31.

Cowie, H. (2014). Understanding the role of bystanders and peer support in school bullying. International Journal of Emotional Education, 6(1), 26-32.

Craig, W., Harel-Fisch, Y., Fogel-Grinvald, H., Dostaler, S., Hetland, J., Simons-Morton, B., ... & HBSC Bullying Writing Group. (2009). A cross-national profile of bullying and victimization among adolescents in 40 countries. International journal of public health, 54, 216-224.

Damanik, G. N., & Djuwita, R. (2019). Gambaran perundungan pada siswa tingkat SMA di Indonesia. Jurnal Psikogenesis, 7(1), 28-40.

Firdaningsih, C. (2022). Upaya Guru Dalam Mengurangi Perilaku Perundingan Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Nologaten, Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Gastic, B. (2008). School truancy and the disciplinary problems of bullying victims. Educational Review, 60(4), 391-404. Doi.org/10.1080/00131910802393423

Gini, G., & Pozzoli, T. (2009). Association between bullying and psychosomatic problems: A meta-analysis. Pediatrics, 123, 1059–1065. doi: 10.1542/peds.2008- 12

Harahap, R. S., & Toni, T. (2023). Peran Guru Dalam Pencegahan Bullying Di Sekolah Smks (X) Rantauprapat Ditinjau Dari Peraturan Kemendikbud Nomor 82 Tahun 2015. Research and Development Journal of Education, 9(1), 357-364.

Hatta, M. (2018). Tindakan perundungan (bullying) dalam dunia pendidikan ditinjau berdasarkan hukum pidana Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2). https://doi.org/10.30821/miqot.v41i2.488.

Hawker, D. S. J., & Boulton, M. J. (2000). Twenty years’ research on peer victimization and psychosocial maladjustment: A meta-analytic review of cross-sectional studies. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 41, 441–455. doi: 10.1111/1469-7610.00629

Herdiana, B., Zulham, M., Sukmawati, S., & Nurhakim, M. (2023). Pemanfaatan dan Pengenalan Lingusitik Forensik untuk Siswa/Siswi SMA Negeri 6 Palopo. Madaniya, 4(1), 150-155.

Hernández, T. J., & Seem, S. R. (2004). A safe school climate: A systemic approach and the school counselor. Professional School Counseling, 7(4), 256-262.

Hildapriani, E. D. Pendekatan Keagamaan Praktik Pekerja Sosial Sekolah dalam Mencegah Perundungan di Sekolah Menengah Pertama Al-Fath Cirendeu Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, --).

Irwanto, M. S. H. (2019). Correlation between Conformity and Verbal Abuse Tendency Behavior Through Self-Esteem. Psikologia: Jurnal Psikologi, 4(1), 1-8.

Juvonen, J., Wang, Y., & Espinoza, G. (2011). Bullying experiences and compromised academic performance across middle school grades. The Journal of Early Adolescence, 31(1), 152-173. https://doi.org/10.1177/027243161037941 5

Khadijah, S. (2018). Bullying and Verbal-Nonverbal Communication Among a Group of College Students. Avant Garde, 6(1), 115-130.

Kustanti, E. R. (2017). Kelekatan, harga diri dan penyesuaian sosial pada korban perundungan. Jurnal Psikologi Vol, 16(2), 113-121.

Mailinda, R., & Hidayana, R. (2021). Perlindungan Hukum Korban Bullying Bagi Anak Di Bawah Umur Di Salah Satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Balikpapan. Research Lembaran Publikasi Ilmiah, 4(2), 50-56.

Morrison, BE. (2002). Bullying and victimisation in schools: A restorative justice approach, Trends and Issues in Crime and Criminal Justice, 219, 1-6

Nursasari, N. (2017). Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Tenggarong. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 5(2).

Pečjak, S., & Pirc, T. (2017). School climate in peer bullying: observers’ and active participants’ perceptions. Horizons of Psychology, 26, 74-82. doi:10.20419/2017.26.470

Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 1.

Sitasari, N. W. (2017). Persepsi tentang perilaku bullying ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 15(2).

Smith, P. K., Cowie, H., Olafsson, R. F., & Liefooghe, A. P. D. (2002). Definitions of bullying: A comparison of terms used, and age and gender differences, in a fourteencountry international comparison. Child Development, 73(4), 1119-1133. doi:10.1111/1467-8624.00461.

Thornberg, R., Tenenbaum, L., Varjas, K., Meyers, J., Jungert, T., & Vanegas, G. (2012). Bystander motivation in bullying incidents: To intervene or not to intervene?. Western Journal of Emergency Medicine, 13(3), 247-252. doi: 10.5811/westjem.2012.3.11792

Tsang, S. K., Hui, E. K., & Law, B. (2011). Bystander position taking in school bullying: The role of positive identity, selfefficacy, and self-determination. The Scientific World Journal, 11, 2278-2286. http://dx.doi.org/10.1100/2011/531474

Vanderbilt, D., & Augustyn, M. (2010). The effects of bullying. Paediatrics and Child Health, 20(7), 315-320. https://doi.org/10.1016/j.paed.2010.03.008

Wolke, D., Copeland, W. E., Angold, A., & Costello, E. J. (2013). Impact of bullying in childhood on adult health, wealth, crime, and social outcomes. Psychological Science, 24(10), 1958-1970. https://doi.org/10.1177/095679761348160 8

Downloads

Abstract Views : 554
Downloads Count: 522

Published

2023-06-01

How to Cite

Sukamto, B., Aida, N., Perdana, N. A., & Farhani, H. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Tindak Pidana Perundungan di Madrasah Aliyah Negeri Se Yogjakarta. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 737–743. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4368

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.