PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PENULISAN PIKIRAN (TTW) BERBANTUAN SURAT KABAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA SISWA KELAS X

Authors

  • Mila Roysa Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.407

Abstract

Menulis adalah ekspresi verbal dari ide-ide. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model berpikir-berbicara-menulis berbantuan surat kabar dalam meningkatkan paparan berita dan keterampilan menulis siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah investigasi tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK NU Miftahul Falah Kudus dan peserta penelitian berjumlah 27 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa media surat kabar mahasiswa dapat meningkatkan efisiensi mahasiswa dalam menulis materi pameran. Ini diperkuat karena metrik penulisan pameran berkinerja lebih baik. Siklus I memiliki skor total rata-rata 17, mencapai 63% dalam kategori “baik”. Siklus II memiliki rata-rata skor total 22, dengan persentase 81% dalam kategori “sangat baik”. Tingkat ketuntasan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis penerbitan pesan siklus I. Siswa mencapai skor rata-rata 63 dengan tingkat baik 67% dan peningkatan pada siklus kedua dengan skor rata-rata 76 dan tingkat sangat baik 89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model berpikir, berbicara dan menulis dengan bantuan media surat kabar dapat meningkatkan keterampilan menulis berita siswa kelas X Multimedia SMK NU Miftahul Farah tahun ajaran 2016/2017.

Keywords:

Keterampilan menulis, penyajian berita, Mind Writing Model , media surat kabar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Deporter, Bobbi. 1992. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Effendy, Onong Uchjana, 1986. Dimensi Dimensi Komunikasi, Bandung : Alumni.

Erfizal, dkk. 2005. Membuat Karangan Eksposisi. Ditjen Dikdasmen. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Kundharu Sadhono dan Y. Slamet. (2012). Meningkatakan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwanti.

Kurniawan, Heru. 2012. Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidomulyo Tahun Pelajaran 2011/2012.Prosiding. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurjamal, Daeng dan Warta Sumirat. 2010. Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia untuk Memandu Acara: MC-Moderator, Karya Tulis Akademik, dan Surat-Menyurat. Bandung: CV ALFABETA.

Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Parera, J.D. 1982. Pelajaran Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahardjo, Adimasmitu. 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Jakarta : Rineka Cipta.

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9. Hal 15-32.

Rusyana, Yus. 1986. Keterampilan Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, E. Robert. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Indeks.

Solchan. 2011. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, AS Haris. (2008). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Materi Pokok Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryasubrata, Sumardi. 1950. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yamin, H. M. dan Bansu I, Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Abstract Views : 221
Downloads Count: 85

Published

2020-06-30

How to Cite

Roysa, M. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PENULISAN PIKIRAN (TTW) BERBANTUAN SURAT KABAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA SISWA KELAS X. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 209–215. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.407

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 42 43 44 45 46 47 48 49 50 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.