PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PENULISAN PIKIRAN (TTW) BERBANTUAN SURAT KABAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.407Abstract
Menulis adalah ekspresi verbal dari ide-ide. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model berpikir-berbicara-menulis berbantuan surat kabar dalam meningkatkan paparan berita dan keterampilan menulis siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah investigasi tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK NU Miftahul Falah Kudus dan peserta penelitian berjumlah 27 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa media surat kabar mahasiswa dapat meningkatkan efisiensi mahasiswa dalam menulis materi pameran. Ini diperkuat karena metrik penulisan pameran berkinerja lebih baik. Siklus I memiliki skor total rata-rata 17, mencapai 63% dalam kategori “baik”. Siklus II memiliki rata-rata skor total 22, dengan persentase 81% dalam kategori “sangat baik”. Tingkat ketuntasan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis penerbitan pesan siklus I. Siswa mencapai skor rata-rata 63 dengan tingkat baik 67% dan peningkatan pada siklus kedua dengan skor rata-rata 76 dan tingkat sangat baik 89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model berpikir, berbicara dan menulis dengan bantuan media surat kabar dapat meningkatkan keterampilan menulis berita siswa kelas X Multimedia SMK NU Miftahul Farah tahun ajaran 2016/2017.
Keywords:
Keterampilan menulis, penyajian berita, Mind Writing Model , media surat kabarDownloads
References
Akhadiah, Sabarti. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Deporter, Bobbi. 1992. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Effendy, Onong Uchjana, 1986. Dimensi Dimensi Komunikasi, Bandung : Alumni.
Erfizal, dkk. 2005. Membuat Karangan Eksposisi. Ditjen Dikdasmen. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Flores: Nusa Indah.
Kundharu Sadhono dan Y. Slamet. (2012). Meningkatakan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwanti.
Kurniawan, Heru. 2012. Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidomulyo Tahun Pelajaran 2011/2012.Prosiding. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurjamal, Daeng dan Warta Sumirat. 2010. Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia untuk Memandu Acara: MC-Moderator, Karya Tulis Akademik, dan Surat-Menyurat. Bandung: CV ALFABETA.
Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Parera, J.D. 1982. Pelajaran Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Rahardjo, Adimasmitu. 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Jakarta : Rineka Cipta.
Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9. Hal 15-32.
Rusyana, Yus. 1986. Keterampilan Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, E. Robert. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Indeks.
Solchan. 2011. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya Offset.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sumadiria, AS Haris. (2008). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Materi Pokok Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryasubrata, Sumardi. 1950. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Yamin, H. M. dan Bansu I, Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mila Roysa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work