PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.343Abstract
Pengembangan kecerdasan spiritual di dunia pendidikan merupakan penanaman karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan semakin maraknya pergaulan bebas yang merupakan suatu kemerosotan moral bagi remaja kita. Madrasah Aliyah (MA) Manbaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka merupakan lembaga pedidikan yang mengedepankan spiritualitas melalui proses hablu minAllah dan hablu minannaas. Untuk itulah penelitian ini dilakukan, yaitu bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan kcerdasan spiritual melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliya (MA) Mabaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan model penelitian studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) kecerdasan spiritual ditempuh melalui Hablu MinAllah dan Hablu Minannaas. (b) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam yang pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. (c) pengembangan kecerdasan spiritual melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik yang dilakukan dengan mengunakan pendekatan guru sebagai tauladan, strateginya melalui nilai-nilai pedidikan agama Islam dan aktivitas keagamaan, metode yang digunakan adalah pemibasaan pada peserta didik, sehingga ada dampak dan manfaatnya bagi peserta didik. Setelah spiritual dikembangkan melalui kegiatan sholat, dzikir, puasa, zakat, shodaqoh, infaq, silaturrahmi, membaca dan mengkaji Al- Quran.
Keywords:
kecerdasan spiritual, pendidikan agama IslamDownloads
References
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Jamak pada Anak Usia Dini. Jurnal STAIN Jurai Metro Lampung, 4(1).
Komara, Endang. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan. 4 (1).
Kurniawan, Asep. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew B and A. Michael Huberman. (2007). Qualitative Data Analysis (terjemah). Jakarta : UI Press.
Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rahawai, Ulfa. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri. Jurnal Penelitian, 10(1)..
Shihab, M. Quraish. (1993). Membumikan Al-Qur'an. Bandung: Mizan Cet IV.
Tasmara, Toto. (2001). Kecerdasan Ruhaniah. Gema Insani Prss: Jakarta.
Zohar, Danah dan Ian Marshall. (2007). SQ Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan Pustaka
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work