Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong

Authors

  • Ari Metalin Ika Puspita STKIP PGRI Trenggalek
  • Diah Setyaningtyas STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2907

Abstract

Penelitian pengembangan media dilatar belakangi oleh rendahnya sikap gotong royong siswa di SDN 1 Kelutan, SDN 2 Karangan dan SDN 2 Jati. Selain itu kurangnya dalam pemanfaatan media pembelajaran membuat siswa kurang memperhatikan pembelajaran. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah memberikan penguatan pendidikan gotong royong pada siswa dengan bantuan media pop-up book. Metode yang digunakan yaitu (RnD) dengan jenis model ADDIE. Tahapan ADDIE sendiri terdiri dari tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), and Evaluation (Evaluasi). Teknik sampling yang menggunakan sampling jenuh dengan sampel siswa kelas II SDN 1 Kelutan, SDN 2 Jati dan SDN 2 Karangan. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket praktisi,angket prototipe, angket pendidikan karakter, angket respon oleh siswa dan guru. Analisis menggunakan Paired Sample T-Test berbantuan Software SPSS 25.0. Berdasarkan validasi ahli, media pop-up book  memenuhi kategori sangat valid, kemudian penilaian praktisi dan prototipe menunjukkan kategori praktis, dan hasil angket respon siswa masuk kategori menarik. Uji beda yang dilakukan menunjukkan hasil signifikansi 0,00 (< 0,05). Sehingga disimpulkan pop-up book  efektif digunakan sebagai penguat Pendidikan karakter gotong royong di dalam proses pembelajaran siswa SDN 1 Kelutan, SDN 2 Jati dan SDN 2 Karangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1).

Ariyani, Y. D., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan Pop Up Book Berbasis Karakter Nasionalisme Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Siswa Sd. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 50-60.

Cahyani, D. D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 73-86.

Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. SAPA-Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 5-13.

Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341-1351.

Hidayati, N. W. (2018, August). Implementasi Pendekatan Realita dalam Local Wisdom. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 234-240).

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75-86.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong‎. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 127-138.

Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264-271.

Prastyo, G. B., Puspita, A. M. I., & Nurmalasari, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Explee Berbasis Video Interaktif Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 52-59.

Prasetyo, E. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Membangun Modal Sosial. J. Teor. dan Praksis, 3, 95-102.

Puspita, A. M. I., Djatmika, E. T., & Hasanah, M. (2016). Peningkatan hasil belajar siswa berbantuan buku teks berbasis kontekstual untuk siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1880-1883.

Rachman, E. F., & Paksi, H. P. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book ‘Pena Raka’dalam Penanaman Moral Dan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (6), 1-11.

Ryan, I., & Pigai, S. (2020). Morfologi Tanaman Pisang Jiigikago Berdasarkan Kearifan Lokal Suku Mee di Kampung Idaiyo Distrik Obano Kabupaten Paniai. Jurnal FAPERTANAK: Jurnal Pertanian dan Peternakan, 5(2), 1-8.

Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9).

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-16.

Yusron, M., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengaruh media pop up book berbasis literasi digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas rendah. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 39-45.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Puspita, A. M. I., & Setyaningtyas, D. (2022). Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 915–922. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2907