METODE PEMBERIAN TUGAS DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.33Abstract
Pembelajaran matematika akan berhasil dengan baik apabila guru dapat menentukan metode belajar yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pemahaman merupakan merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang banyak siswa sulit mencapainya. Kondisi ini terjadi pada siswa kelas III SDN Palasah III. Metode pemberian tugas adalah salah satu metode yang biasa di gunakan oleh guru untuk siswa guna meningkatkan pemahaman siswa. Penulsi tertarik untuk mencoba menerapkan metode pemberian tugas sebagai solusi atas rendahnya pemehaman matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Palasah III yang berjumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pemahaman matematika siswa meningkat dengan menggunakan metode pemberian tugas.
Keywords:
Metode pemberian tugas, pemahaman matematikaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work