Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Raihan Riza Ramadhan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Wini Tarmini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2971

Abstract

Keberhasilan seorang siswa di sekolah sangat tergantung pada kemampuan membaca mereka. Membaca permulaan untuk peserta didik di kelas rendah yaitu dasar untuk tahap membaca cepat, membaca ekstensif, dan membaca pemahaman. Guru harus betul-betul mengasah kemampuan membaca permulaan siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yakni observasi dan wawancara. Data pada penelitian ini disajikan secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Sirojul Athfal V. Subjek pada penelitian ini yakni tiga wali kelas, sepuluh orang tua dan sepuluh siswa. Hasil penelitian ini menemukan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan. Strateginya yaitu memberikan bimbingan khusus kepada siswa, memperhatikan perkembangan kondisi siswa, menggunakan media ajar yang menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta memberikan motivasi kepada siswa. Berdasarkan strategi tersebut guru diharapkan dapat lebih memperhatikan setiap siswa dalam proses membaca permulaan, serta dapat membuat inovasi-inovasi dalam membaca permulaan yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga dapat meningkatkan kefokusan belajar dari siswa

Keywords:

Keterampilan, Membaca Permulaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjelina, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri Minasa Upa [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19470-Full_Text.pdf

Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128–1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Fitri, J. (2019). Minat Baca Dan Kebiasaan Mencontek Dalam Hasil Belajar Memahami Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 1 Pariaman. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p31-38

Khoiroh, F. (2018). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Satu MI Ma’arif Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo, Tahun Pelajaran 2017/2018 [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/4142/1/upload.pdf

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.731

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558

Prayogi, A., & Tarmini, W. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif Dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–11.

Putri, R. R., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 1 SD 3 Piji Kudus. Jurnal Educatio, 7(4), 1394–1402. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1398

Setiawati, T. (2018). Penelitian kualitatif fenomena penyesuaian diri siswa kesulitan belajar [Universitas Negeri Jakarta]. https://core.ac.uk/download/223126759.pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Susanti, D., & Santi, S. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja (Studi Kasus di TBM Gunung Ilmu). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 220. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2828

Wulandari, R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).

Downloads

Abstract Views : 743
Downloads Count: 2069

Published

2022-09-11

How to Cite

Ramadhan, R. R., & Tarmini, W. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960–965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2971

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.