Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2971Abstract
Keberhasilan seorang siswa di sekolah sangat tergantung pada kemampuan membaca mereka. Membaca permulaan untuk peserta didik di kelas rendah yaitu dasar untuk tahap membaca cepat, membaca ekstensif, dan membaca pemahaman. Guru harus betul-betul mengasah kemampuan membaca permulaan siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yakni observasi dan wawancara. Data pada penelitian ini disajikan secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Sirojul Athfal V. Subjek pada penelitian ini yakni tiga wali kelas, sepuluh orang tua dan sepuluh siswa. Hasil penelitian ini menemukan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan. Strateginya yaitu memberikan bimbingan khusus kepada siswa, memperhatikan perkembangan kondisi siswa, menggunakan media ajar yang menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta memberikan motivasi kepada siswa. Berdasarkan strategi tersebut guru diharapkan dapat lebih memperhatikan setiap siswa dalam proses membaca permulaan, serta dapat membuat inovasi-inovasi dalam membaca permulaan yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga dapat meningkatkan kefokusan belajar dari siswa
Keywords:
Keterampilan, Membaca PermulaanDownloads
References
Anjelina, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri Minasa Upa [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19470-Full_Text.pdf
Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128–1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645
Fitri, J. (2019). Minat Baca Dan Kebiasaan Mencontek Dalam Hasil Belajar Memahami Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 1 Pariaman. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p31-38
Khoiroh, F. (2018). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Satu MI Ma’arif Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo, Tahun Pelajaran 2017/2018 [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/4142/1/upload.pdf
Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.731
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907
Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
Prayogi, A., & Tarmini, W. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif Dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–11.
Putri, R. R., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 1 SD 3 Piji Kudus. Jurnal Educatio, 7(4), 1394–1402. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1398
Setiawati, T. (2018). Penelitian kualitatif fenomena penyesuaian diri siswa kesulitan belajar [Universitas Negeri Jakarta]. https://core.ac.uk/download/223126759.pdf
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Susanti, D., & Santi, S. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja (Studi Kasus di TBM Gunung Ilmu). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 220. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2828
Wulandari, R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Raihan Riza Ramadhan, Wini Tarmini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work