Implementasi Virtual Laboratory BTEM Berbasis Android untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains

Authors

  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
  • Yeni Suryaningsih Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1113

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi virtual laboratory BTEM berbasis Android untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan melibatkan siswa kelas X di sebuah MA di Majalengka yang berjumlah 21 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan angket kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan kuantitatif uji t berpasangan dan uji Anova dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep dengan rata-rata n-gain 0,42 (sedang) dan pengingkatan keterampilan proses sains dengan rata-rata n-gain 0,40 (sedang), tidak terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan skor keterampilan proses pada kelompok siswa atas, sedang maupun bawah. Penggunaan virtual laboratory BTEM berbasis android mendapat respon yang sangat baik dari 81% siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan virtual laboratory BTEM berbasis android dapat menjadi solusi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan berlatih keterampilan proses sains pada siswa sehingga aplikasi ini direkomendasikan digunakan khususnya pada saat pandemic covid-19 seperti saat ini.

 

Keywords:

virtual laboratory, BTEM, android, penguasaan konsep, keterampilan proses sains

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andry S., L. D., Kamil, P., & Nuryadin, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Serta Penerapannya pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Bio Educatio, 3(2), 279482.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2021). The development of prototype virtual laboratory through biology, technology, engineering, and mathematics (BTEM). Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012171
Aripin, I, & Suryaningsih, Y. (2020). Developing BTEM-Based Virtual Biology Laboratory to Improve Students’ Critical Thinking Skills on the Concept of Bacteria. Scientiae Educatia, 9(2), 216. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v9i2.7379
Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory application based on the android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a
Astuti, N. W., Yolida, B., & Sikumbang, D. (2019). Hubungan Praktikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Jurnal Bioterdidik, 7(5), 54.
Babateen, H. (2011). The role of Virtual Laboratories in Science Education. 5th International Conference on Distance Learning and Education, 12, 100–104. https://pdfs.semanticscholar.org/a98d/73d731659b5e9053f10b3213daeb85f630eb.pdf
de Vries, L. E., & May, M. (2019). Virtual laboratory simulation in the education of laboratory technicians–motivation and study intensity. Biochemistry and Molecular Biology Education, 47(3), 257–262. https://doi.org/10.1002/bmb.21221
Deci, E. L., and Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Plenum.
Dewi, E. R. S., & Prasetiyo. (2015). Penerapan Media Virtual Laboratorium dalam Pembelajaran Biologi Materi Eubacteria Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Siswa. Bioma, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.26877/bioma.v4i1
Flowers, L. O. (2011). Investigating the Effectiveness of Virtual Laboratories in an Undergraduate Biology Course. Journal of Human Resources & Adult Learning, 7(December), 110–116. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=78856956&site=ehost-live
Gunawan, Harjono, A., Hermansyah, & Herayanti, L. (2019). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students’ science process skills on heat concept. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259–268. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345
Hiong, L. C., & Osman, K. (2013). A conceptual framework for the integration of 21st century skills in biology education. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, 6(16), 2976–2983. https://doi.org/10.19026/rjaset.6.3681
Permendikbud No. 21 Tahun 2016.
Lutfi, Achmad, dan Hidayat, R. (2017). Training Science Process Skills Using Virtual Laboratory on Learning Acid, Base, and Salt. Journal of Chemistry Education Research, 1(1).
Margolis, H., & Mccabe, P. P. (2006). Improving self-efficacy and motivation: What to do, what to say. Intervention in School and Clinic, 41(4), 218–227. https://doi.org/10.1177/10534512060410040401
Muhamad, M., Zaman, H. B., & Ahmad, A. (2011). Developing Virtual Laboratory for Biology ( VLab-Bio ): A Proposed Research Conceptual Framework. July.
NRC. (2009). A New Biology for the 21st Century: Ensuring the United States Leads the Coming Biology Revolution,. National Academies Press. www.nap.edu/catalog.php?record_id_12764
Osman, K., Hiong, L. C., & Vebrianto, R. (2013). 21st Century Biology: An Interdisciplinary Approach of Biology, Technology, Engineering and Mathematics Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 102(Ifee 2012), 188–194. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.732
Rustaman, N. (2008). Modul 1 Bekerja Ilmiah. In Materi dan Pembelajaran IPA di SD (p. 1.5).
Rustaman, N. Y. et all. (2003). Stategi Belajar Mengajar Biologi. UM Press.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.
Suryaningsih, Y, Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 74–82. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2243
Sypsas, A., & Kalles, D. (2018). Virtual laboratories in biology, biotechnology and chemistry education: A literature review. ACM International Conference Proceeding Series, 70–75. https://doi.org/10.1145/3291533.3291560
T. De Jong and W. R. Van Joolingen. (1998). Scientific Discovery Learning with Computer Simulations of Conceptual Domains. Scientific Discovery Learning with Computer Simulations of Conceptual Domains, 68(2), 179–201. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.3102/00346543068002179
Vasiliadou, R. (2020). Virtual laboratories during coronavirus (COVID-19) pandemic. Biochemistry and Molecular Biology Education, 48(5), 482–483. https://doi.org/10.1002/bmb.21407
Widowati, A., Nurohman, S., & Setyowarno, D. (2017). Development of Inquiry-Based Science Virtual Laboratory for Improving Student Thinking Skill of Junior High School. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 170–177. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.16708
Woodfield, B. (2005). Virtual chemlab getting started. Pearson Education.
Yuanita. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum IPA Materi Bagian-Bagian Bunga dan Biji. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 27–35.
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Biologi dalam Perkembangan Revolusi Industri. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dengan Tema “Biologi Di Era Revolusi Industri 4.0: Riset Dan Pembelajaran” Di FKIP Univesitas Negeri Jakarta, 1–22.

Downloads

Abstract Views : 549
Downloads Count: 596

Published

2021-07-03

How to Cite

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2021). Implementasi Virtual Laboratory BTEM Berbasis Android untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 583–591. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1113