MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE KOMPETISI DAN AKTIFITAS (KOMPAK)
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyusun Teks Cerita Fabel pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Murid Kelas VIII D SMP Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka melalui Kompetisi dan Aktifitas (Kompak) Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran kompetensi dasar “Menyususn Teks Fabel ” pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa : 1). Untuk meningkatkan penguasaan materi dapat dilakukan melalui media gambar dengan bukti pada pra siklus 55,16 siklus I 63,5 dan pada siklus II 86,5 2). Untuk meningkatkan aktifitas siswa dapat menggunakan media gambar Hal ini ditunjukkan dengan semakin berkurangnya jumlah siswa yang tidak tuntas belajar pada masing-masing siklus, yaitu dari pra siklus 32 %, siklus I 46 % dan siklus II 100 %
Keywords:
hasil belajar, bahasa indonesia, kompetisi dan aktivitasDownloads
References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayuningrum, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif di SMK Islam PB. Soedirman 1. Jurnal Visipena, 8 (2), 351-372.
Darsino. (2018). Pembelajaran Kooperatif Model Kompak Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas VI SDN Gebangsari 02. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, 5(1), 57-66.
Kurniawan, H. (2015). Pemebelajaran Kreatif Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Group.
Kusumah & Dwitagama. (2010). Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Rohmanurmeta, FM. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31.
Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Melaporkan Isi Buku Melalui Pendekatan Komunikatif Metode SQ2R Pada Siswa Kelas 6 SDN Kramat Sukoharjo 03 Jember. Pancaran, 3(3), hal 123-134.
Sukmadinata, NS. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work