PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Authors

  • Udin Wahyudin SMP Negeri 2 Jamblang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IXD SMP Negeri 2 Jamblang dalam memahami Penjelasan Narasumber pada mata pelajaran IPS dengan penerapan Model Skrip Kooperatif, sehingga pembelajaran IPS menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi Penjelasan Narasumber, seperti kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian uang, Kemampuan siswa untuk menyebutkan syarat, fungsi, dan jenis-jenis uang, kemampuan siswa dalam menyebutkan macam-macam nilai uang, kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian, fungsi dan jenis-jenis bank, kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian lembaga keuangan bukan bank, dan kemampuan siswa dalam menyebutkan fungsi, dan jenis lembaga keuangan bukan bank. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas IXD SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan

Keywords:

model skrip kooperatif, PTK, IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, F. M., Phang, F. A., & Yusof, K. M. (2012). Student Perceptions Change in a Chemical Engineering Class using Cooperative Problem Based Learning (CPBL). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 627–635. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.697

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Aryati, T. (2017). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bermain Jawaban Di Kelas Xi Ips 5 Sman 10 Pekanbaru. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 5(2), 172–177. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Buchs, C., Gilles, I., Dutrévis, M., & Butera, F. (2011). Pressure to cooperate: Is positive reward interdependence really needed in cooperative learning? British Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1348/000709910X504799

Darojat, Q., Ani, H. M., & Suyadi, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 207. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8321

Giri, K. Y. Y., Suarni, N. K., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 63–72.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory into Practice. https://doi.org/10.1080/00405849909543834

Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.

Kusumawati, I. T., & Sukidi, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas X …. JPGSD, 2(2), 1–12. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21704

Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.091

Laal, M., Khattami-Kermanshahi, Z., & Laal, M. (2014). Teaching and Education; Collaborative Style. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.890

Lathifah, L. (2014). Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ips Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Script Di Kelas Viii B Smp Negeri 2 Amuntai Selatan. Jurnal Socius, 3(2). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v3i2.3270

Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349

Oxford, R. L. (1997). Cooperative Learning, Collaborative Learning, and Interaction: Three Communicative Strands in the Language Classroom. The Modern Language Journal. https://doi.org/10.2307/328888

Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas Vi Sd Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sriarunrasmee, J., Suwannatthachote, P., & Dachakupt, P. (2015). Virtual Field Trips with Inquiry learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhance Students’ Science Learning Outcomes. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.226

Suryana, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa SMAN 1 Baregbeg). Jurnal Artefak, 4(2), 135. https://doi.org/10.25157/ja.v4i2.907

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasat. Biomass Chem Eng.

Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Abstract Views : 877
Downloads Count: 479

Published

2020-06-03

How to Cite

Wahyudin, U. . (2020). PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.284

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.