Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Pada Peserta Didik SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12538Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Passing bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Terhadap Peserta Didik di SMP IT AT-TAKWIN. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan juga refleksi. Objek yang menjadi penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dengan jumlah 20 orang. Tekhnik pengumpulan data adalah melalui tes keterampilan passing bawah dan observasi hasil kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan pada keterampilan passing bawah bola voli setelah menggunakan metode bermain. Proses pembelajaran pada pembelajaran sebelumnya monoton sehingga kemampuan pada keterampilan passing bawah bola voli sangat rendah. Peningkatan keterampilan terjadi pada Siklus 2. Pada siklus 1 terdapat 20 peserta didik dengan capaian predikat cukup sebanyak 14 orang dengan presentase 70⁒ dan capaian predikat baik 6 orang dengan presentase 30⁒. Pada Siklus 2 terdapat peningkatan dengan hasil capaian predikat Baik sebanyak 13 orang dengan presentase 65⁒ dan capaian predikat Sangat Baik sebanyak 7 orang dengan presentase 35⁒. Hasil penelitian dari Siklus I ke Siklus 2 terdapat peningkatan yang signifikan sehingga motode bermain ini sangat efektif dalam upaya Meningkatkan keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Terhadap Peserta Didik Kelas VIIIA di SMP IT AT-TAKWIN.
Keywords:
Keterampilan Passing Bawah, Bola Voli, Metode BermainDownloads
References
Arum, Eka Fitri, Zuhri, and Rini Dian Anggraini. 2019. “Implementation of Discovery Learning Model To Improve Student’S Mathematics Learning Achievement At Class Xi Science 2 Sma Negeri 1 Tempuling.” Jom Fkip – Ur 6(1): 1–13.
Asrori, and Rusman. 2020. Pena Persada Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
García-González, L., Abós, Á., Diloy-Peña, S., Gil-Arias, A., & Sevil-Serrano, J. (2019). Effects of a sport education season on physical activity and motivational outcomes in primary school students. European Physical Education Review, 25(2), 423-437.
Gréhaigne, J. F., Godbout, P., & Bouthier, D. (2011). The teaching and learning of decision making in team sports. Quest, 63(2), 161-176.
Lestari, W., Liberna, H., & Eva, L. M. (2025). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BERMAIN. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 1279-1286.
Mustafa, Pinton Setya, M.Pd. Et Al. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga.
Memmert, D., Baker, J., & Bertsch, C. (2010). Play and practice in the development of sport-specific creativity in team ball sports. High Ability Studies, 21(1), 3-18.
Nurhayati, S., & Riyadi, A. (2020). Implementation of play-based learning model to improve students' engagement in volleyball learning. Journal of Physical Education and Sport, 20(2), 95-103.
Schmidt, R. A., & Wrisberg, C. A. (2008). Motor Learning and Performance. Human Kinetics.
Septiana, N., & Fadhilah, M. N. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi dalam Ekopedagogi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Anak. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 239-253.
Suherman, A., Widiastuti, H., & Ramdani, D. (2021). The effectiveness of play-based learning model in improving volleyball passing skills. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 45-55.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dzulkipli Baenuri, Ahmad Alwi Nurudin, Bachtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work