PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DAN MOTIVASI BERLATIH TERHADAP TEKNIK DASAR SEPAKBOLA SEKOLAH SEPAKBOLA BEJI TIMUR U-13
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.280Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh metode blocked practice, random practice dengan motivasi berlatih tinggi dan rendah terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel dengan 40 siswa Sekolah sepakbola Beji Timur U-13. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menjawab (1). Ada perbedaan pengaruh siginifikkan metode blocked practice (A1) motivasi latihan tinggi dengan random practice (A2) motivasi latihan tinggi terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola blocked practice (X=51,801 ; SD=7,135) lebih tinggi dari metode random practice (X=48,198 ; SD=5,514). (2). Ada perbedaan pengaruh signifikkan metode blocked practice (A1) motivasi latihan rendah dengan random practice (A2) motivasi latihan rendah terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola metode blocked practice motivasi berlatih rendah Qo = -2,369 dan Qt = 3,89 lebih rendah dari nilai teknik dasar dalam sepakbola metode random practice motivasi berlatih rendah. Aspek motivasi interinsik dan ekstrinsik perlu yang lebih luas.
Keywords:
Metode random practice, Motivasi berlatih, Teknik dasar sepakbolaDownloads
References
Al-Hadiqie, Zidane Muhdhor. (2013). “Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional.” Jakarta: Kata Pena.
Arsil, and Yulifri. (2011). Permainan Sepakbola. UNP Press.
Cook, Malcolm. (2013). “101 Drills Sepak Bola Unuk Pemain Muda Usia 12–16 Tahun.” Jakarta: Indeks.
Jarvis, Matt. (2006). Sport Psychology: A Student’s Handbook. Routledge.
Koger, Robert. (2007). “Latihan Dasar Andal Sepakbola Remaja.” Klaten: Saka Mitra Kompetensi.
Lubis, Johansyah. (2013). “Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan.” Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Luxbacher, Joseph A. (2011). “Sepakbola Edisi Kedua.” Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mielke, Danny. (2007). “Dasar-Dasar Sepakbola.” Bandung: Pakar Raya.
Mulya, Andi. (2011). Ensiklopedia Olahraga Indonesia. Bandung: Angkasa.
Okilanda, Ardo. (2017). “Analisis Pembelajaran Gerak Keterampilan Teknik Dribbling Ssb Imam Bonjol Padang.” Wahana didaktika 15(3).
Panjaitan, Hinca. (2011). “Kedaulatan Negara vs Kedaulatan FIFA.” Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Schmidt, Richard J. (2017). “Exercise and Sport Psychology.” Pp. 263–286 in Introduction to Exercise Science. Routledge.
Sugiyono, Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini, B. (2008). “Pemulihan Kontrol Motorik Penderita Stroke Dengan Motor Learning Programe.” Yogyakarta: FIK UNY.
Syafruddin, Syafruddin. (2011). Ilmu Kepelatihan Olahraga (Teori Dan Aplikasinya Dalam Pembinaan Olahraga). Padang: UNP Press.
Walgito, Bimo. (2003). “Psikologi Sosial.” Yogyakarta: Andi Offset.
Widiastuti, widiastuti. (2011). Tes Dan Pengukuran Olahraga. Universitas Negeri Jakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work